MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN PADA DAYA TARIK WISATA KULINER PANTAI TANJUNG BIAS DITENTUKAN OLEH PELAYANAN
Abstract
Tujuan penelitian, untuk membuktikan korelasi pelayanan dengan minat berkunjung wisatawan pada daya tarik wisata kuliner pantai Tanjung Bias. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan angket, observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.500 wisatawan, menggunakan rumus dari Yamane sehingga memperoleh sampel sebanyak 94 responden dengan teknik random sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi product moment dengan bantuan software aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan memiliki korelasi positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan sebesar 0,569 yang berarti semakin bagus pelayanan yang diberikan maka akan semakin tinggi minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata kuliner pantai Tanjung Bias.
References
[2] Saptaningtyas, R.S., Handyani, T., & Indriani, N.K.A.I.P.M. (2021) Kajian Potensi Wisata Kuliner Pantai Ampenan. Jurnal arsitektur, planologi, dan teknik sipil. No. 1, Vol.3,: 14,: https://doi.org/10.29303/sade.v1i1.6
[3] Setyowati, H., & Liliyan, A. (2022). Pengaruh E-WOM, Fasilitas, Daya Tarik Wisata, dan Harga terhadap Minat Berkunjung Taman Satwa Taru Jurug. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, No.1, Vol.5, 26,: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/44773
[4] Yukitasari, I. G. A. P., & Mahagangga, I. G. A. O. (2018). Kiat Pengelola Wisata Kuliner Seafood dalam Memberikan Pelayanan kepada Wisatawan di Pantai Kedonganan (Berbasis Hospitality). Jurnal Destinasi Pariwisata, No.1, Vol.6, 192-194.
[5] Bui, T. T. B. (2022). An evaluation of the new tourist behavior model based on the extended theory of planned behavior. Journal of Tourism, Heritage & Services Marketing, No.2, Vol.8, 49,: https://ssrn.com/abstract=4485910
[6] Pratiwi, Z., & Prakosa, A. (2021). Pengaruh Media Sosial, Event Pariwisata, dan Fasilitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali di Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, No.1, Vol.11, 76-77,: http://journal2.uad.ac.id/index.php/fokus/index
[7] Endrawati, D., & Juliani, R. D. (2018). Hubungan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan PT. Indoguna Utama Semarang. Majalah Ilmiah Inspiratif, No.6, Vol.3,: https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/INSPI/article/view/1055
[8] Maulana, I. (2022). Pengaruh Self-Concept dan Lifestyle Terhadap Minat Berkunjung pada Destinasi Wisata di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No.2, Vol.11, 562,: https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/985
[9] Sugiyono. (2020). Metode penelitian pariwisata. Bandung: Alfabeta.
[10] Damayanti, A. P., & Khoirudin, R. (2021). Ekspektasi Pengguna Layanan Transportasi Publik Trans Jogja. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi. No. 1, Vol 7, 99-108.