PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA KAMAR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HOTEL GOLDEN PALACE LOMBOK

  • Umul Quro Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Wayan Nuada Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Erri Supriyadi Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Pengaruh, Kualitas Layanan, Harga Kamar, Kepuasan Pelanggan, Hotel.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Kamar. Melalui penelitian ini dilakukan beberapa pengukuran tanggapan dari beberapa indikator Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Kamar sebagai variabel bebas dan Kepuasan Pelanggan menjadi variable terikat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner google docs melalui Direct Message Instagram ke beberapa Pelanggan Hotel Golden Palace. Dari kuesioner yang disebar diperoleh 100 Responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan beberapa tahapan diawali dengan analisis deskriptif data persentase, Uji Instrumen diantaranya Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik diantaranya Uji Normalitas, Uji Autokorelasi, Uji Heteroskedasitas dan Uji Multikoliniearitas, Analisis Linear Berganda, Uji f dan Uji t .dengan Menggunakan Microsoft Excel 2016 dan SPSS Versi 26.0. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Variabel Kualitas Layanan berpengaruh secara signifikan dan Variabel Harga Kamar berpengaruh secara signifikan.

References

[1] Ansofino, Jolianis, Yolamalinda, & Arfilindo, H. (2016). Buku Ajar Ekonometrika. Deepublish.
[2] A. Amrullah (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Pos Indonesia Kantor Pos Lawang.Jurnal Manajemen
[3] Atmawati, Rustika dan Wahyuddin, M. . (2004). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 5(1):hal:
[4] Djatmiko, H. E. (2005). Saatnya Mencermati Loyalitas Pelanggan (Swasembada (ed.); 2005th, Edis ed.).
[5] E. Soliha (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pulau Dua. Jurnal Manajeman, (2)2: ISSN.
[6] Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (B. U. Diponogoro (ed.)).
[7] Griselda, Gretel dan Panjaitan, T. M. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pulau Dua. DeReMa Jurnal Manajemen, 2(1): hal:
[8] Hassan, U. A. dan I. (2010). Impact of Service Quality on Customers Satisfaction. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 1(12).
[9] Hidayati, E. (2010). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajeman, (2)2: ISSN.
[10] Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia.
[11] K.A Pratiwi (2019). Pengaruh Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan di Utilitas Industri (telekomunikasi) di Ghana. Jurnal manaejemn
[12] Khairani, I. (2016). Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Deviden Per Share terhadap Harga Saham Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2013. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 566–572.
[13] Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Terjemahan :BobSabran) (P. Index (ed.); Edisi 13 j).
[14] Marsum, A. . (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya (Andi (ed.); Edisi Empa).
[15] Nafisa K.M (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online.Jurnal Manajemen
[16] Riduwan, & S. (2012). Pengantar Statistik Untuk Penelitian (Alfabeta (ed.)).
[17] Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[18] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
[19] Sutomo, M. (2012). Kepuasan Pelanggan Menginap di Hotel Berbintang di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(1): Hal: 7993.
[20] Tjiptono Fandy. (2006). Manajemen Jasa (A. Offset (ed.); edisi IV).
Published
2024-11-30
How to Cite
Quro, U., Nuada, I., & Supriyadi, E. (2024). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA KAMAR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HOTEL GOLDEN PALACE LOMBOK. Journal Of Responsible Tourism, 4(2), 455-464. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i2.3660
Section
Articles