PENGARUH KUALITAS SENI TATO TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI KAWASAN PANTAI KUTA KABUPATEN LOMBOK

  • I Gusti Bagus Ngusah Sidemen Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Wayan Nuada Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ulfan Mulyawan Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Kualitas Seni Tato, Wisatawan, Kuta Lombok Tengah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas seni tato terhadap kepuasan wisatawan di Kawasan Kuta dalam konteks industri pariwisata di Pulau Lombok. Seni tato telah menjadi fenomena global yang mempengaruhi destinasi pariwisata. menekankan perlunya kualitas layanan seni tato yang lebih baik, Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh seni tato terhadap kepuasan wisatawan di kawasan pantai Kuta Kabupaten Lombok Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, Dokumen Dan Teknik analisis data yang digunakan  adalah Uji T, regresi linear sederhana. Hasil Uji T menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0.000. 0.000 lebih kecil dibandingkan dengan 0.05 (0.000 < 0.05) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Perkembangan seni tato memiliki respon yang positif, terbukti dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas seni tato terhadap nilai kepuasan wisatawan di Kawasan Kuta, Lombok Tengah.

References

[1] Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th Edition). Pearson Education Limited.
[2] Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. PT Grafindo: Jakarta.h.4
[3] Judite B. Pinto, Ana Caldeira, and Carlos Costa. (2018). Assessing the Service Quality of Tourism Websites through Accidental Sampling: Evidence from Portugal. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 9(1), 71-86. doi: 10.1108/JHTT-07-2017-0067
[4] Kádár, B., Németh, R., & Papp, Z. (2020). Tato tourism and its impact on tourist satisfaction: The case of Budapest, Hungary. Journal of Destination Marketing & Management, 17, 100410. doi: 10.1016/j.jdmm.2020.100410.
[5] Kim, S. Y., & Kim, Y. (2019). The tato tourism industry: Motivations, behavior, and satisfaction. Journal of Travel Research, 58(8), 1348-1361. doi: 10.1177/0047287519839792.
[6] Nugraha, I. G. A., & Oktadiana, H. (2018). Tato art as a tourist activity and its impact on tourist satisfaction in Bali. Tourism Management Perspectives, 28, 41-49. doi: 10.1016/j.tmp.2018.07.004.
[7] Palinkas, L. A. et al. (2015). Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research.
[8] Robinson, K. (2016). Tatoed in Thailand: Negotiating identity in a globalised world. Asia Pacific Viewpoint, 57(2), 228-240.
[9] Rozak, B. R. (2012). Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan Wisatawan dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara di Jawa Tengah. Dinamika Kepariwisataan Vol XI No.2
[10] Sigala, M., Michopoulou, E., Fotis, J., & Christou, E. (2018). The tourist experience of tatos: A netnographic study. Current Issues in Tourism, 21(6), 657-673. doi: 10.1080/13683500.2016.1259185.
[11] Susser, I., Brady, A., & Sanders, E. (2019). Artistic Skills and Innovation Among Tato Artists: A Mixed-Methods Study. Journal of Applied Arts & Health, 10(2), 163-178. doi:10.1386/jaah_00015_1.
[12] Taylor, M., & Laumann, A. (2020). Patient Satisfaction with Tato Results. Dermatology and Therapy, 10(4), 761-767. doi:10.1007/s13555-020-00431-6
[13] Vail-Smith, K., & Felts, W. M. (2016). Tato as a unique form of body art: A clinical perspective for advanced practice providers. Journal of the American Association of Nurse Practitioners, 28(5), 262-267.
[14] Wang, D., Hu, H., & Huang, D. (2021). Tourist satisfaction and return intention: a multi-group analysis. Current Issues in Tourism, 1-18. doi:10.1080/13683500.2021.1928314.
[15] Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40
Published
2024-11-30
How to Cite
Ngusah Sidemen, I. G., Nuada, I., & Mulyawan, U. (2024). PENGARUH KUALITAS SENI TATO TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI KAWASAN PANTAI KUTA KABUPATEN LOMBOK. Journal Of Responsible Tourism, 4(2), 449-454. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i2.3659
Section
Articles