PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA PANTAI KUTA MANDALIKA
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Pantai Kuta Mandalika, tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Pantai Kuta Mandalika. Metode yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dengan pengukuran skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang ada di objek wisata pantai Kuta Mandalika memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Hal tersebut berdasarkan pada hasil Uji T dengan nilai t hitung variabel X sebesar 10.884 > dari nilai t tabel yaitu 1.984 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < dari 0.05. Berdasarkan pada uji determinasi didapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 54,7%. Artinya variabel X memiliki pengaruh yang cukup besar terhaap variabel Y sedangkan sisanya sebesar 45.3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil analisa yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata pantai Kuta Mandalika sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
References
[2] Adhikarini. 2003. Analisa Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Koperasi Serba Usaha Makmur Lestari Surakarta. (Skripsi). UNS.
[3] Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
[4] Agusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro
[5] Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[6] Branti, Istariyani. 2002. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Telkom Cabang Sragen. FE: UMS.
[7] Deny, S., & Rony, I,S. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Servis (Studi Kasus AHASS Kenari Motor). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 3 (1), 93-107.
[8] Dermawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[9] Hartono, Bambang. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rineka Cipta.
[10] Kotler, P. dan Keller, K. L. (2010). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga,.
[11] Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Jakarta. Erlangga.
[12] Lovelock, C. 2011. Services Marketing: People, Technology. Strategy: Pearson Education: India.
[13] Lupiyoadi , Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Salemba Empat.
[14] Nila, S.Y. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Dalam Pelayanan Pembuatan SIM di Satlantas Medan). (Skripsi). UIN Sumatra Utara, Medan.