ANALISIS KUALITAS PELAYANAN WISATA KULINER SATE BULAYAK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI DESA WISATA SURANADI, LOMBOK BARAT

  • Leni Dera Maniartin Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Masyhudi Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Kuliatas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Sate Bulayak

Abstract

Sate Bulayak dapat dijadikan sebagai salah satu produk kuliner yang menopang Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi superprioritas di Indonesia. bertujuan untuk Mengidentifikasi Kualitas Pelayanan Wisata Kuliner Sate Bulayak Terhadap Kepuasan Konsumen Di Desa Wisata Suranadi, Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan desain asosiatif kausal. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif, pendekatan kuantitatif (positivism) yang dapat berbentuk asosiatif, komperatif atau deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat 5 variabel independent Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness(X3), Assurance (X4), Emphaty (X5). Terhadap Kepuasan Konsumen Sate Bulayak (Y). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan perkiraan konsumen yang membeli Sate Bulayak di 3 lapak yang dipilih menjadi tempat penyebaran kuisioner. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, menunjukkan Bukti Langsung (Tangible) Data bahwa bukti fisik atau tangible memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, hasil ini menujukkan bahwa variabel empati memiliki pengaruh paling besar dengan nilai thitung 11.143 dan variabel keandalan memiliki pengaruh yang paling kecil dengan nilai thitung 2.017. Dari hasil pengujian ini juga dapat dilihat pengaruh yang ditimbulkan dari kualitas pelayanan yaitu variabel bukti fisik berpengaruh (34%),  Variabel Keandalan berpengaru (6%), Variabel Daya Tanggap berpengaru (12%), Variabel Jaminan berpengaruh (12%), dan Empati atau kepedulian berpengaruh (35%).

References

[1] Achmad, E. R., (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada VespaBox Kota Malang). Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
[2] Admin., (2021 : Januari ). Data Kunjungan Wisatawan Ke Lombok Barat 2014-2020. Diakses dari https://dispar.lombokbaratkab.go.id/article/data-kunjungan-wisatawan-ke-lombok-barat-2014-2020
[3] Kuswara, E., (2022, Februari). Makna Dan Filosofi Dibalik Kelezatan Sate Bulayak Khas Lombok. Diakses Dari https://koropak.co.id/17551/makna-dan-filosofi-dibalik-kelezatan-sate-bulayak-lombok
[4] Perda., (2021 : Oktober). Peraturan daerah (PERDA) Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 10 Tahun 2021. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/ Details/195959/perda-prov-nusa-tenggara-barat-no-10-tahun-20
[5] Ridha, N., (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian. Jurnal hikmah, 14 (1), 62 -70
[6] Sari, T. P., (2020). Analisis Excellent Service (Pelayanan Prima) Terhadap Efektivitas Penjualan Barang Usaha Kecil Menengah Di Kecamatan Sambi Rampaspota Kabupaten Manggarai Timur. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
[7] Simanjuntak, J., & Sianipar, G. J. M., (2012), Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3 (1) 47-57
[8] Tumvila, D., (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Bus Harapan Jaya Di Tulunggung. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
[9] Umar., (2007 : Maret). Desain Penelitian: Pengertian, Jenis, dan Contoh. Diakses dari https://penerbitdeepublish.com/desain-penelitian/#1_Silaen_2018_23
Published
2024-11-30
How to Cite
Maniartin, L., Bagiastra, I., & Masyhudi, L. (2024). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN WISATA KULINER SATE BULAYAK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI DESA WISATA SURANADI, LOMBOK BARAT. Journal Of Responsible Tourism, 4(2), 335-340. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i2.3645
Section
Articles