EKSISTENSI HOTEL JAYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN OPERATION SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Munculnya virus Covid-19 menjadi polemik global yang menimbulkan rasa ketakutan akan bahaya dan resiko yang ditimbulkannya. Akibat rasa kekhawatiran masyarakat untuk menjalankan segala aktivitasnya. Adapun sektor pariwisata merupakan salah satu yang terdampak sangat besar dari wabah virus Covid-19, salah satu dampak dari pademi ini adalah menurunnya tingkat hunian hotel. Hotel Jayakarta termasuk terdampak dari munculnya Covid-19. Dalam penelitian ini mengunakan analisis SWOT. Hasil dalam penelitian ini ialah pandemi covid-19 sangat berdampak pada Hotel Jayakarta dengan menurunnya tingkat hunian kamar selama pandemi covid-19 dan hotel Jayakarta memberlakukan shift kepada karyawan , dan untuk pekerja Daily Worker di tiadakan. Beberapa strategi Hotel Jayakarta antaranya menerapkan protokol kesehatan, memberikan potongan harga kamar dan beberapa paket lainnya. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan metode pengambilan sample ditentukan secara purposive sampling dengan penentuan sample berdasarkan atas beberapa kriteria dan tekhnik analisis data menggunakan analisis SWOT untuk memanfaatkan peluang dan meminimalkan ancaman strategi S-O, S-T,W-O, W-T yang diterapkan untuk meningkatkan volume penjualan di hotel jayakarta yaitu dengan mempromosikan meeting room, promosi makan dan minuman, inovasi produk dan promosi melalui media social memberikan tingkat harga yang kompetitif.
References
[2] Baud-bovy, Manuel and Fred Lawson.1997. Tourism And Recreation Development: Ahandbook Of Physical Planning. Great Britian: The Architectural Press Ltd.
[3] Endar, Sugiarto dan Sri Sulartiningrum.1996. Pengantar Industri Akomodasi Dan Restoran. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
[4] Herman Kertajaya.2003.manajmen penjualan 2 , Pemasaran Strategi. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
[5] I Made Murdana, 2010. Pengembangan Pariwisata Pulau Gili Trawangan Berbasis Ekowisata Bahari.
[6] Kotler, K 2009. Manajemen Pemasaran 1. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga
[7] Kotler, K 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi Mellennium. Jakarta : PT. Prehallinda.
[8] Riyanto, Y, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC
[9] Miles, M.B & Huberman A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Universitas Indonesia
[10] Spillane, James. 1994. Pariwisata Indonesia, Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Kanisius: Yogyakarta
[11] Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
[12] Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
[13] Sulastiyono, Agus, 2002. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Edisi Pertama. Bandung. Alfabeta
[14] Swastha Basu dan Hani Handoko. 2009. Manajemen Pemasaran Analisa Modern Prilaku Konsumen. BPFE: Yogyakarta.
[15] Umar, husein.2005.Strategic Management In Action. Jayakarta: PT gramedia pustaka utama.
[16] Widjaya, Mara, 2005. House Keeping Hotel dan Tata Graha Hotel. Bandung: Humaniora
[17] Yoeti, O.A. 2001. Ilmu Pariwisata: Sejarah, Perkembangan dan Prospeknya. Jakarta: Pertja
[18] Kriyantono, Rachmat. 2014. Public Relations, Issue &CrisisManagement( PendekatanCritical Public Relations, Etonografi Kritis & Kualitatif).EdisiKedua. Jakarta: PenerbitKencana
[19] Fika Megawati. (2016) KesulitanMahasiswaDalamMencapaiPembelajaran Bahasa InggrissecaraEfektif.Jurnalpedagogia ISSN 2089-3833,5(2) 1709-1714. https://doi.org/10.1007/s00381-016-3174-3
[20] Porter, E. Michael. 2001. Strategi Bersaing Teknik Menganalisis Industri danPesaing. Jakarta:PT. Erlangga