THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA PROMOTION AND PRODUCT QUALITY ON VISITORS' INTEREST TO THE KAMPUNG COKELAT SENARA TOURISM OBJECT
Abstract
Dalam industri pariwisata, promosi media sosial dan kualitas suatu produk merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan untuk menarik minat pengunjung. Dalam konteks pariwisata, minat pengunjung merupakan prilaku konsumen yang menggambarkan keinginan seseorang untuk mengunjungi atau memilih suatu destinasi wisata yang dibentuk oleh berbagai macam pertimbangan. Tentunya hal tersebut menjadi perhatian bagi destinasi wisata untuk selalu meningkatkan dan mempertahankan minat berkunjung wisatawan pada level yang tinggi dengan berbagai strategi, tidak terkecuali Objek Wisata Kampung Cokelat Senara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh promosi media sosial dan kualitas produk terhadap minat berkunjung wisatawan di kampung cokelat senara. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Adapun sampel yang digunakan adala 75 responden. Penarikan sampel menggunakan nin probability sampling dengan metode simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan pengukuran sekala likert. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa promosi media sosial dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung. Hal tersebut berdasarkan uji T didapat Thitung variabel promosi media sosial (X_1) 4.721 > 1.993 serta nilai sig 0,000< 0,05. Thitung variabel kualitas produk (X_2) 6.143 > 1.993 serta nilai sig 0,000 < 0,05. Nilai Thitung menunjukan angka positif menjelaskan bahwa jika objek wisata kampung cokekat senara meningkatkan promosi media sosial dan kualitas produk maka minat berkunjung juga akan meningkat. Berdasarkan uji F didapat Fhitung lebih besar dari Ftabel 20.897 > 3.12 yang berarti bahwa promosi media sosial dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat berkunjung.
References
[2] Alvin, satria N., & Tania, A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 195–212. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.381
[3] Amalia, N. R. (2017). Konflik Interpersonal Dan Beban Kerja Terhadap Stress Kerja Pada Pt Soka Cipta Niaga Bandung. 39–71.
[4] Anggini, I. saktiani. (2014). Keterkaitan antara ketersediaan koleksi e-books 3d dengan pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka. X, 35–52.
[5] Angela, Z., & Siregar, O. M. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Store Atmosphere Terhadap Tingkat Kunjungan Konsumen pada Cafe Taman Selfie Binjai. Univesitas Sumatera Utara, 1(1), 417–433.
[6] Anggraeni, R. N. (2018). Pengaruh Promosi Kafe Sobahollic di Instagram Terhadap Minat Berkunjung (Survey di Kalangan Followers Kafe Sobahollic di Instagram). 1, 122.
[7] Argita, E. (2013). Analisis dan perancangan sistem informasi Akuntansi Berbasis sistem komputerisasi dengan menggunakan metode Rapid Qpplication Development (RAD) pada usaha Woodhouse. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[8] Ariana, R. (2016). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Outlet Citra Online Shop Jombang. 1–23.
[9] Arifianti, I. L. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram dan Word of Mouth serta Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Pada Taman Nasional Baluran. In Skripsi.
[10] Bahri, R. Ardiian. (2012). Analisis Pengaruh Endorser Di Social Media Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Dengan Metode Aisas.
[11] Hayuningtyas, d. M. (2021). Pengaruh promosi berbasis media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan di destinasi telaga ngebel ponorogo. Frontiers in neuroscience, 14(1), 1–13.
[12] Hidayanti, a. A., & masyhudi, l. (2020). Pengaruh electronic word of mouth, daya tarik dan lokasi terhadap minat berkunjung wisatawan di desa tete batu kabupaten lombok timur. 1(2), 78–80.
[13] Kotler, P., & Armstrong, G. (2015) Marketing: An Introduction. England: Pearson Education, Inc.
[14] Kivela, J., Inbakaran, R., & Reece, J. (1999). Consumer research in the restaurant environment, Part 1: A conceptual model of dining satisfaction and return patronage. International Journal of Contemporary Hospitality Management.
[15] Qin, H., Prybutok, V. R., & Zhao, Q. (2009). Perceived service quality in fast‐food restaurants: Empirical evidence from China. International Journal of Quality & Reliability Management.
[16] RAHIM, I. F. (2020). Pengaruh Kompetensi Teknis Dan Kompetensi Non Teknis Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt.Pln (Persero) Updk Tello. 14. https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/
[17] Sholikin, M. (2011). The Miracle of Shalat Mengungkap kedahsyatan Energi Shalat. 217–218.
[18] Smartinsight. (2018). Facebook vs. Instagram advertising: Which One’s Better for Your Business? Smartinsight. Https://www.smartinsights.com/Social-Media-Marketing/InstagramMarketing/Facebook-Vs-Instagram-Advertising-Which-Better-For-B2b/
[19] Stelzner, M. A. (2019). 2019 Social Media Marketing Report "How Marketers are Using Social Media to Grow Their businesses. Social Media Examiner. https://www.socialmediaexaminer.com/
[20] Usman, A. G., & Saleh. (1998). Model Komunikasi Pemasaran. 1–10.
[21] Widjoyo, S. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.
[22] Zulanda, P., & Adhi, P. (2021). Pengaruh Media Sosial, Event Pariwisata, Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Di Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(1), 74. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i1.3851
[23] Zulhamdi. (2021). Pengaruh Promosi Online Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Ke Masjid Islamic Center Rokan Hulu.