PENGARUH DAYA TARIK WISATA KULINER TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI DESTINASI WISATA PANTAI AMPENAN

  • Mickial Mickial Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ida Nyoman Tri Darma Putra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Wisata Kuliner, Daya Tarik Wisata, Minat Berkunjung, Pantai Ampenan.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh daya tarik wisata, Wisata Kuliner, Minat berkunjung, dan Wisata bahari. Pantai Ampenan berada di Kota Mataram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak nya pengaruh daya tarik wisata kuliner terhadap minat berkunjung wisarawan di destinasi wisata Pantai Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi linier sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan Angket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan wisatawan akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Daya Tarik Wisata (X), dan Minat berkunjung (Y). Artinya bahwa 60,2 % variabel Minat berkunjung akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Daya tarik wisata (X) sedangkan sisanya 59,2% variabel Minat berkunjung akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

[1] Albarq. (2014). Measuring the Impacts of Online Word of Mouth on Tourists Attitude and Intentions to Visit Jordan : An Empirical Study. International Bussines Research vol.7 (1), 14-22.
[2] C. Mowen, John dan Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.
[3] Gaspersz, Vincent, (1998), Statistical Proses Control Penerapan Teknik-Teknik Statistik dalam Manajemen Bisnis Total, Jakarta : Diterbitkan atas Kerja Sama Yayasan Indonesia Emas, Institut Vincent, PT Gramedia Pustaka Utama.
[4] Minta Harsana. (2008). Wisata Kuliner di Yogyakarta: Studi Kasus Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Produk dan Penyajian Makanan di Taman Kuliner Condongcatur dan Sentra Gudeg Wijilan Yogyakarta. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. scholar.google.co.id>citations. Diakses 9 Oktober 2019.
[5] Nazir, Moh. Ph. D. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
[6] Setiawan, H., Hamid, A., Bustan, J., Administrasi, J., Politeknik, B., & Sriwijaya, N.(2020). Model daya. 16(1). https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Inovasi/article/view/6230
[7] Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[8] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Published
2024-08-10
How to Cite
Mickial, M., & Putra, I. N. (2024). PENGARUH DAYA TARIK WISATA KULINER TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI DESTINASI WISATA PANTAI AMPENAN. Journal Of Responsible Tourism, 4(1), 247-252. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i1.3490
Section
Articles