PENGARUH KUALITAS PRODUK MAKANAN COFFEE BREAK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL GOLDEN PALACE
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh Kualitas Produk Makanan Coffee Break terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Golden Palace. Metode yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan sampel sebanyak 51 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dengan pengukuran skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk makanan yang ada di Hotel Golden Palace memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal tersebut berdasarkan pada Uji T didapat t hitung variabel X sebesar 10.590 > dari nilai t tabel yaitu 2.010 dan didapat nilai signifikansi sebesar 0.000 < dari 0.05. Berdasarkan pada uji determinasi didapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 69%. Artinya variabel X memiliki pengaruh yang cukup besar terhaap variabel Y sedangkan sisanya sebesar 31% dipengaruhi oleh factor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil analisa yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk makanan terhadap kepuasan konsumen pada coffee break di Hotel Golden Palace sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
References
[2] Adinugraha, A.T. dan Michael, Stefanus. 2014. Analisa Pengaruh Kualitas Makanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen D’cost Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan. Surabaya: Penerbit Grasindo
[3] Amstrong & Kotler. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Ahli Bahasa Alexander Sindoro Dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
[4] Kotler, P Dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
[5] Kotler Philip, dan Keller, Kevin, Lane. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Diterjemahkan oleh Bob Sabran, M.M. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
[6] Kotler Philip, Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
[7] Kotler Philip & Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga Jilid I.
[8] Saifudin, R. 2016. Hubungan Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Produk terhadap Word of Mouth pada Situs Jejaring Sosial Twitter (Studi pada Pembelian Produk Fashion Online). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
[9] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
[10] Suhartanto Dan Hidayat. 2018. Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik, Makanan, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Restoran, Dan Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan Yang Baik Akan Meningkatkan Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit PT Grasindo.
[11] P. Kotler and K. L. Keller, MarkKotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E).
[12] https://doi.org/10.1080/08911760903022556, vol. 15E, no. 4.2016.
[13] Winarjo dan Japarianto. 2017. Pengaruh Food Quality Atmosphere terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Cafe Intro di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Surabaya: Penerbit Grasindo