STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI GERABAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA BANYUMULEK
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapatnya kerajinan Industri Gerabah yang ada di Desa Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana strategi pemasaran industri gerabah di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dengan responden yang menjadi subjek penelitian berasal dari Pemilik kerajinan gerabah di Desa Banyu mulek beserta karyawanya, Pembeli Produk Gerabah di Desa Banyumulek dan Ketua Pokdarwis Desa Banyumulek Metode pengumpulan dan Dengan responden yang menjadi subjek penelitian berasal data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Kerajinan Gerabah dalam meningkatkan daya saing adalah dengan menggunakan strategi segmentasi pasar yaitu dengan melayani semua pembelian dan juga pesanan dari berbagai daerah. Pada target pasar Kerajinan Gerabah disasarkan ke semua kalangan yaitu kalangan menengah, kalangan menengah ke atas dan juga kalangan menengah kebawah, dengan memberikan harga sesuai produk permintaan pembeli dan juga selalu menjaga kualitas barang. Pada bauran pemasaran yang meliputi produk (product), strategi yang diterapkan dalam produk,yaitu kualitas produk yang baik, branding dan juga inovasi pada produk, pada harga (price), strategi harga yang dilakukan, yaitu dengan menyesuaikan harga dari harga bahan baku dan menyesuaikan dengan harga produk kulit yang ada di pasaran, dan juga memberikan diskon dalam jumlah pemesanan ataupun pembelian banyak. Dalam distribusi (place), strategi distribusi yang diterapkan, yaitu dengan saluran distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Sedangkan dalam hal promosi (promotion), strategi promosi yang dilakukan, yaitu melalui pelanggan yang langsung datang ke toko, dari mulut ke mulut dan juga pemasaran nya menggunakan kecanggihan teknologi yang ada, menggunakan web site dan juga menggunakan media social.
References
[2] DIMASA PANDEMI COVID-19. 2022.Kerajinan gerabah Banyumulek. tersedia pada sasakadie.blogspot.com
[3] Mujadid Amirul Fath, “Analisis Kebermanfaatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Dalam Mendorong Minat Menabung Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Tahun Akademik 201/2018 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Mataram” (Skripsi, FEBI UIN Mataram , Mataram, 2021), hlm.50.
[4] Nadhiroh, A. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Gerabah di Desa Plumpungrejo Kabupaten Blitar. JOURNAL OF ECONOMIC AND SOCIAL EMPOWERMENT, 2(01), 103-113.
[5] Nadhiroh, Alvinatun. "Analisis Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Gerabah di Desa Plumpungrejo Kabupaten Blitar." JOURNAL OF ECONOMIC AND SOCIAL EMPOWERMENT 2.01 (2022): 103-113.
[6] NADHIROH, Alvinatun. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Gerabah di Desa Plumpungrejo Kabupaten Blitar. JOURNAL OF ECONOMIC AND SOCIAL EMPOWERMENT, 2022, 2.01: 103-113.
[7] Pendet 2007. Analisis Bentuk Dan Fungsi Gerabah Banyumulek Lombok Barat. Tersedia pada https:// isi-dps.ac.id Samaguna 2015.
[8] Mudra, 2018 Reproduksi Gerabah Serang Banten di Bali CV. BUDI UTAMA 2018
[9] SlemanYogyakarta Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. 2003. Metodologi Penelitian.Jakarta:BumiAksara.
[10] Nila Kusuma Dewi.2015, kerajinan gerabah tinggang di desa banyumulek Kecamatan Kediri Lombok Barat, Skripsi Prodi Pendidikan Seni Rupa,Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
[11] A.D Selang Cristian, 2013. Bauran Pemasaran ( marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyaitas Konsumen pada Fresh MartBahu Mall Manado. dalam Jurnal Emba, Vol 1 No.3 Juni. Amirullah, 2002. Prilaku konsumen. Jogjakarta:Graha ilmu.
[12] Amstrong , Kotler Philip dan Gary. 2010. Bauran Pemasaran Edisi 4. Jakarta: PT. Penhalindo. . 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Jakarta:Erlangga. Arikunto Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Assauri, Sofyan. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.