PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA LOANG BALOQ KOTA MATARAM
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan pengaruh variabel citra destinasi terhadap variabel kepuasan wisatawan di Objek wisata Loang Baloq. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan ada dua, yaitu variabel citra destinasi dan variabel kepuasan wisatawan. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 45 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan populasi yaitu wisatawan nusantara berasal dari dalam Kota Mataram dan luar Kota Mataram, Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan wisatawan. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya Pemerintah Daerah dan pelaku usaha pariwisata menjaga citra Loang Baloq dan meningkatkan intensitas kunjungan wisatawan dengan cara mempromosikan semua jenis daya tarik wisata, serta mengoptimalkan daya tarik wisata di Loang Baloq yang beragam tersebut dengan membuat paket wisata.
References
[2] Alimul Hidayat, 2013. Pengertian definisi operasional variabel. Diakses dari damayantihilda4.wordpres.com/2013/04/14/variable-penelitian dandefinisioperasional/. Pada tanggal 6 November 2014, Jam 13.00
[3] Kotller, P., & Keller, Kevin Lane, 2013. Marketing Management 14th edition. New Jersey: Prentice Hall. Lolang, Enos. “HIPOTESIS NOL DANHIPOTESIS ALTERNATIFF,”no 3 (2015):685-95
[4] Nurlestar, A.F., (2016), “Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap NiatKunjungan Ulang Wisata Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel InterveningPada TamanSafari Indonesia Cisarua Bogor”, Jurnal Pariwisata, Jurnal Pariwisata.
[5] Putri, R. A., Farida, N., & Dewi, R. S. (2015). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan (Studi Pada Pengunjung Domestik Taman Wisata Candi Borobudur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 225-235.
[6] Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT CaraPerhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. GramediaPustaka Utama. Jakarta.
[7] Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.
[8] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. Wisnawa, I.B. Prayogi, P.A & Sutapa, I.K. (2019). Menejemen Pemasaran Pariwisata: Model Brand Loyalty Pengembangan Potensi Wisata Dikawasan Pedesaan. Yogyakarta: Budi Utama.
[9] Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing: IntegratingCustomer Focus Across the Firm thed. Mc.Graw- Hill. Boston.