EVALUASI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS OPERASIONAL DI CENDRAWASIH RESTORAN GOLDEN PALACE HOTEL MATARAM
Abstract
Penelitian ini membahas tentang evaluasi penerapan standar operasional prosedur (SOP) dalam meningkatkan kualitas operasional di Cendrawasih restoran Golden Palace Hotel. penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman staff terhadap SOP restoran sehingga mempengaruhi efektifitas dan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi terhadap efektifitas dan efisiensi SOP dalam meningkatkan kualitas operasional di Cendrawasih restoran. Hasil dari penelitian diuraikan dalam satu jawaban terhadap fokus masalah yaitu Bagaimana Evaluasi Efektifitas Dan Efisiensi Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Meningkatkan kualitas Operasional di Cendrawasih Restoran Golden Palace Hotel. Dengan menggunakan metode mix method (metode campuran). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan standar oeprasional prosedur di cendrawasih restoran mencapai persentase 65% yang dapat dikatakan cukup baik serta dari standar operasional prosedur yang ada dapat menunjang evaluasi efektifitas dan efisiensi kualitas operasional. Dari sisa persentase penerapan standar operasional prosedur tersebut yang dominan jarang diterapkan pada indikator SOP polishing sehingga dapat dijadikan sebagai evaluasi oleh industri khususnya departemen food&beverage service sehingga kontribusi SOP untuk meningkatkan kualitas operasional lebih efektif dan efisien.
References
[2] Ajusta, A. A. G., & Addin, S. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Departemen HRD PT Sumber Maniko Utama. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 2(3), pp. 181–189.
[3] Arda, M. (2017). Pengaruh kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Bank Rakyat Indonesia cabang Putri Hijau Medan. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis, 18 (1), 45-60.
[4] Atmoko, Tjipto. (2011). Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Unpad, Bandung
[5] Aulia, V. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Banyualit Spa’N Resort Lovina (Doctoral dissertation, KODEPRODI61201# MANAJEMEN).
[6] Badudu, J. S., & Zain, S. M. (2010). Efektifitas Bahasa Indonesia.
[7] Bakara, Irnawati Suryani, Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Waiter Dan Waitress Di Tamingsari Turi Beach Resort Batam. Pekan Baru : Riau, file:///C:/Users/Costumer/Downloads/18227-35303-1-SM.pdf
[8] Batubara, I. F. S., Baharta, E., & Sumarsih, U. (2023). Standar Operasional Prosedur Di Restoran El Patio Hotel Melia Purosani Yogyakart. eProceedings of Applied Science, 8(6).
[9] Bhattacharya, J. (2015). Guidance for Preparing Standard Operating Procedures (SOPs). IOSR Journal of Pharmacy, 5(1), pp. 29–36.
[10] Guntur, M. (2020). Implementasi Kinerja Badan Permusyawaratan Desa Sesuai Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 Dalam Mengawasi Program Kerja Pemerintah Desa Tahun 2019 (Studi Desa Taloko Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima) (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
[11] Hasibuan, (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
[12] Hartono, R. (2020). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Pelaksanaan Kerja Karyawan Pada CV. Daeng Kuliner Makassar. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1-9.
[13] Janah, W. (2021). Kebijaksanaan Peningkatan Disiplin Kerja Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Hotel Efa Banjarmasin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
[14] Moleong, L. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
[15] Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[16] Paruru, J. B., Lapian, S. J., & Tawas, H. N. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(1).
[17] Peraturan Kepala Badan Pengwasan Keuangan dan Pembangunan Nomor: PER-1236/K/SU/2011 tentang Pedoman Evaluasi Prosedur Baku Pelaksanaan Kegiatan (Standard Operating Procedures) di lingkungan Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan.
[18] Peraturan Mentri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: Per/21/m.pan/11/2008 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administarsi pemerintah.
[19] Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo, 2010
[20] Rivai, V. (2013). Kepemimpinan dan perilaku organisasi.
[21] Silalahi, N., & Bangun, W. (2020). Pengaruh disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(2), 115-126.
[22] Subagio, M. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional, motivasi kerja, dan sikap kerja terhadap kinerja karyawan pada pt ithaca resources. Jurnal Manajemen, 19 (1), 101-120.
[23] Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet
[24] Syafrina, N. (2017). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. suka fajar pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 8(4), 1-12.
[25] Triyani, I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Makanan Dan Hygiene Sanitasi Terhadap Kepuasan Tamu Di Anggrek Restaurant Grand Arkenso Park View Hotel Semarang. Jurnal Visi Manajemen, 6(2), 117-123.
[26] Udayana, KDI, & Widiastini, NMA (2020). Upaya Peningkatan Kebersihan Area Bar di Food and Beverage Service Department Holiday Inn Resort Baruna Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 3 (2), 78-85.
[27] Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif konsep teori dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
[28] Wiyasha, I. B. M. (2007). Akuntansi Manajemen untuk HOTEL dan RESTORAN.
[29] Zahara, R. N., & Hidayat, H. (2017). Pengaruh kepuasan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan bank di kota batam. Journal of applied managerial accounting, 1(2), 150-156.
[30] Zahara, R. N., & Hidayat, H. (2017). Pengaruh kepuasan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan bank di kota batam. Journal of applied managerial accounting, 1(2), 150-156.
[31] Zakharia, F. (2020). PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP HIGIENE DAN SANITASI KAMAR PADA HOTEL ASTON KUPANG. PARIWISATA: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, dan MICE, 3 (2), 93-103.