STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA SURADADI KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Strategi pengembangan potensi desa wisata suradadi Kabupaten Lombok Timur. Hasil peneltian ini diuraikan dalam bentuk deskripsi terkait dengan fokus penelitian yang dibahas, yaitu deskripsi terkait dengan potensi-potensi daya tarik wisata yang terdapat didesa wisata suradadi dan strategi pengembangan potensi desa wisata suradadi kabupaten Lombok timur. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dukumentasi, pen dekatan penlitian ini dengan mengguanakan metode deskriptip kualitatip dengan pendekatan analisis swot. Hasil penelitian ini ini meneunjukkan bahwa di desa wisata suradadi terdapat beberapa potensi daya tarik wisata , pemandangan sawah berbentuk teras sering, ,mata air, kolam pemancingan ikan, gendang beleq, kerajianan anyaman lontar, serta kegiatan festival tahuan yang bertemakan pfestival kerajinan anyaman lontar dan permainan rakyat desa suradadi. Selanjutnya Strategi Pengembangan potensi Desa wisata Suradadi dirancang dengan melihat bebarapa faktor ifas dan efas yaitu internal faktor analisis summary dan eksternal faktor analisis summary yang dmiliki oleh desa wisata suradadi
References
[2] D.Ghulam Manar, N. B. (2023). Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Menggunakan Pendekatan Commonity Based Tourism (CBT) Di Desa Wisata Kandri Kota Semarang. Departemen Politik Dan Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Dipenogoro, 1-22.
[3] Fitrianti, H. (2014). STRAEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA MELALUI MODEL PEMEBERDAYAAN MASYARAKAT. Jurusan Ekonomi Pembangunan ,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang , 204-210.
[4] Isdarmanto. (2017). Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Priwisata. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara.
[5] Izwar, & Kristanti, D. (2023, Januari). Implementasi Konsep 4A dan Carrying Capacity dalam Pengembangan Pulau Perusam Menjadi Kawasan Ekowisata Berbasis Syariah. Jurnal on Education, V, 3554-3571.
[6] jubaedah, s., & fajarianto, o. (2021). model pengembangan desa wisata berbasis masyarakat kearifan lokal sebagai strategi peningkatan ekonomi masyarakat di desa cupang kecamatan gempol kabupaten cirebon. universitas swadaya gunung jati, 1-10.
[7] Kurniansah , R., Mangolo, M. C., & Langi, F. M. (2023, Juni). Pengembangan Desa Bayan Sebagai Desa Wisata Di Kabupaten Lombok Utara. Humanlight Journal of Psychology, 50-63.
[8] Marjoko. (2008). Analisis Potensi dan Pengembangan Objek Wisata Air Umbul Ingas di Kecamatan Tulung Kabupaten klaten. Universitas 11 Maret, 1-80.
[9] Masitah, I. (2019, September). Pengembangan Desa Wisata Oleh Pemerintah Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, VI, 45-56.
[10] Narsa , I. M. (2008). What Is Strategy. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, VI, 25-38.
[11] Ningsih, A. (2018). Strategi Pengembangan wisata budaya di kawasan pencinan lasem. Of Techonologi, 27-36.
[12] Nur Aini Latifah, A. (2021). Analisis Pengembangan potensi Pariwsata syariah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat . Institut Agama Islam Negeri Tuluanggung , 63-88.
[13] Oktaviani, A. B., & Yuliani, E. (2023, Maret). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat. Jurnal Kajian Ruang, III, 1-17.
[14] Rahim , H. R., & Radjab, E. (2017). MANAJEMEN STRATEGI . Makasar: Universitas Muhammadiyah.
[15] Rahmatillah, T. P. (2019). Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Wisata Alam & Budaya Sebagai Media Promosi Desa Sangiang. Jurnal Plano AEarth, 1-10.
[16] Ratih Indriyani, F. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PT.ABC. Program Manajemen Bisnis , Universitas Kristen Petra, 439-446.
[17] Rustini. (2021, September). Pelayanan Tuan Rumah Homestay Dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Commonity Based Tourism) Di Desa Wisata Wates Jaya,Kabupaten Bogor. Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata , III, 50-60.
[18] Salsabila, R. A., & Chandrika, A. (2019). Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Berbasis Analisis Swot Desa Sidomekar Dan Penggunaan Aplikasi Tour Guide Online Kabupaten Jember. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 177-190.
[19] Suarman, A. S. (2013). strategi pengembangan daerah tertinggal dalam upaya percepatan pembangunan ekonomi pedesaan . ekonomi pembangunan, 126-139.
[20] Sudarti, C. W. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DI PANTAI DUTA KABUPATEN PROBOLONGGO. Ilmu Ekonomi, 95-103.
[21] Sudibya, B. (2018). Wisata Desa dan Desa Wisata. BAPPEDA LITBANG, 22-25.
[22] Suprobowati, D., Sugiharto, M., & Miskan. (2022). Strategi Pengembangan Desa Wisata Kreatif Berbasis Masyarakat Kearifan Lokal Hendrosari Gresik. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, I-III, 53-68.
[23] Suwena, I. K., & WidyaAtmaja, I. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasam.
[24] Syah, F. (2015). Strategi mengembangkan desa Wisata . Institut ilmu sosial dan manajemen STIAMI Jakarta, 335-340.
[25] Syahari, F., Kusumastuti, & Istanabi, T. (2023). Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat Pada Komponen Desa Wisata Desa Sendang Wonogiri. Jurnal Priwisata Dan Budaya, XXIV, 50-69.
[26] Vina Arnita, Y. N. (2023). STRATEGI PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN DESA WISATA . Purbalingga: Media Aksara Yureka .