ANALISIS KESIAPAN FASILITAS PRASARANA DAN SARANA DI OBJEK WISATA PANTAI LOANG BALOQ KOTA MATARAM SEBAGAI DESTINASI WISATA

  • Husnul Khatimah Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ida Nyoman Tri Darma Putra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ulfan Mulyawan Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Objek wisata, Destinasi wisata, Tingkat Kesiapan.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kesiapan fasilitas Prasarana dan Parana di Objek Wisata Pantai Loang Baloq Kota Mataram sebagai Destinasi Wisata. Hasil penelitian diuraikan dalam beberapa jawaban terhadap rumusan masalah yaitu tingkat kesiapan fasilitas prasarana dan sarana pada objek wisata pantai loang baloq. Dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan pendekatan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan fasilitas prasarana dan sarana yang ada di objek wisata pantai loang baloq sebagai destinasi wisata dinyatakan siap, meskipun ada beberapa fasilitas yang kesiapannya belum siap, dalam hal ini pengelolah objek wisata harus lebih memperhatikan lagi fasilitas prasarana dan sarana yang ada.

References

[6] Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta . Kompas Gramedia.
[7] Miles, Mattahew B, Analisis data Kualitatif, (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1992), hlm. 15-19.
[8] Moeleng, L. J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
[9] M. Setyo Nugroho “Indetifikasi Komponen Pendukung Daya Tarik Wisata Long Baloq Sebagai Wisata Pesisir Di Kota Mataram” Vol. 13 No. 9 April 2019.
[10] Suchaina. 2014. Psikologi Pengaruh Kualitas Fasilitas Sarana dan Prasarana Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Danau Ranu Grati. Vol II, No. 2.
[11] Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung : Alfabeta, 2014), hlm. 19.
[12] Sunyoto, Danang. 2013. Teori dan Analisis Data untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Edisi 2013. Graham Ilmu. Yogyakarta.
[13] Undang – Undang Republik Indonesia No 10 tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.
[14] Wirdha Purnomo. Dyah Riandari 2015: Analilis kesiapann Pelanggan Terhadap Bengkel dan Metode IPA (Importance Performance Analysis). di PT.Arina Parama Jaya Gresik.
Published
2024-08-09
How to Cite
Khatimah, H., Putra, I. N., & Mulyawan, U. (2024). ANALISIS KESIAPAN FASILITAS PRASARANA DAN SARANA DI OBJEK WISATA PANTAI LOANG BALOQ KOTA MATARAM SEBAGAI DESTINASI WISATA. Journal Of Responsible Tourism, 4(1), 35-40. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i1.3458
Section
Articles