PRESENTASE HUBUNGAN KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KUALITAS PRODUK IKAN BAKAR DI PANTAI LOANG BALOQ

  • Ni Luh Putu Febri Satriani Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ajuar Abdullah Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Kepuasan Pengunjung, Kualitas Produk.

Abstract

Pantai Loang Baloq merupakan salah satu pusat kuliner yang terbilang relatif mudah diakses dari destinasi wisata kuliner lainnya, karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota Mataram menjadikannya tempat favorit para pecinta seafood. Kepuasan, hal ini yang perlu diperhatikan agar pengunjung melakukan pembelian dan berkunjung lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui pentingnya hubungan persentase kepuasan pengunjung dengan kualitas produk ikan bakar di destinasi wisata Pantai Loang Baloq. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data khususnya analisis regresi linier sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi.Sampel penelitian ini berjumlah 30 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pengunjung erat kaitannya dengan kualitas produk. Kepuasan pengunjung berhubungan dengan variabel kualitas produk sebesar 72,6%, sedangkan sisanya sebesar 27,4% berhubungan dengan variabel lain yang tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini.

References

[1] Gunawan, R. D. (2020). Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Restoran Kopilao Puncak Bogor. Jurnal Visionida, Vol. 6, 65-66.
[2] Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang : Universitas Diponegoro.
[3] Sari, N (2016). Kepuasan Wisatawan Terhadap Wisata Kuliner di Objek Wisata Pantai Indah Selatbaru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkais. Journaladministrasi(JAB)Vol. 50 No.06
[4] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
Published
2024-08-09
How to Cite
Febri Satriani, N. L., Bagiastra, I., & Abdullah, A. (2024). PRESENTASE HUBUNGAN KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KUALITAS PRODUK IKAN BAKAR DI PANTAI LOANG BALOQ. Journal Of Responsible Tourism, 4(1), 19-24. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i1.3456
Section
Articles