ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH OLEH GURU KELAS II SDN 015 SUNGAI PINANG
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Make a Match Oleh Guru kelas II B SD Negeri 015 Sungai Pinang. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru Kelas II B, Kepala Sekolah dan Peserta didik Kelas II B. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model make a match tidak berlangsung efektif dan belum sesuai dengan standar make a match berdasarkan teori. Yang mencakup model pembelajaran make a match yang bisa digunakan adalah pemahaman model make a match, pemanfaatan model make a match, jenis model make a match dan ciri-ciri model make a match. Penerapan model pembelajaran make a match dilakukan sesuai dengan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match oleh guru kelas II B SD Negeri 015 Sungai Pinang Telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh permendikbud.
References
[2] Kurniasih, & Sani. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kata Pena.
[3] Mulyasa. (2016). Model Persiapan Mengajar ( Model Ropers Dan Model Satuan Mengajar). Online, Diakses Tanggal 23 Mei 2018.
[4] Shoimin. (2015). Fungsi Model Pembelajaran. Sinar Baru Aglesindo.
[5] Sya’bani, y. (2018). Profesi Keguruan. Caremedia Communication.
[6] Komar, E. (2015). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. PT Refika Aditama.
[7] Kurniasih, & Sani. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kata Pena.
[8] Mulyasa. (2016). Model Persiapan Mengajar ( Model Ropers Dan Model Satuan Mengajar). Online, Diakses Tanggal 23 Mei 2018.
[9] Shoimin. (2015). Fungsi Model Pembelajaran. Sinar Baru Aglesindo.
.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Penelitian
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.