PENGARUH MOTIVASI, KUALITAS LAYANAN DAN ENVIRONMENT DENGAN PERSEPSI HARGA TERHADAP WORD OF MOUTH DAN REVISIT INTENTION

  • Rosmina Rosmina Universitas Labuhanbatu
  • Sumitro Sarkum Universitas Labuhanbatu
  • Rizky Syahputra Universitas Labuhanbatu
Keywords: service quality, UMKM, monetary price, behaviour, word of mouth.

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi berhasilnya suatu usaha UMKM.  Antara lain seperti layanan,  lingkungan,  harga,  motivasi,  dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mempelajari peran motivasi, kualitas layanan serta lingkungan dan pengaruhnya terhadap monetary price dan behavior price, 2) menyelidiki apakah motivasi, kualitas layanan dan lingkungan dapat meningkatkan Word of mouth, 3)melihat dampak monetary price dan behavior price dipengaruhi word of mouth, 4)memahami efek monetary price dan behavior price pada konsumen untuk berkunjung kembali, dan 5)menyelidiki pengaruh dari word of mouth terhadap niat berkunjung kembali. Penelitian ini merupakan penelitian case study dengan populasi pengunjung caffe atau restoran di Labuan Batu Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa  adanya pengaruh secara langsung pada service quality terhadap monetary price, motivation berpengaruh langsung terhadap monetary price, motvation berpengaruh langsung terhadap behavior price, dan behavior price terhadap word of mouth.

References

Anderson, E. W. 1998. "ustomer satisfaction and word-of-mouth." Journal of Service Research 5-17.
Bickart, B., and R. M. Schindler. 2001. "Internet Forums as Influential Sources of Consumer Information." Journal of Interactive Marketing, Vol. 15 31 - 40.
Han, Heesup , Amr Al-Ansi, Xiaoting Chi, Hyungshin Baek, and Kyung- Sik Lee. 2020. "Impact of Environmental CSR, Service Quality, Emotional Attachment, and Price Perception on Word-of-Mouth for Full-Service Airlines." Sustainability 3974.
Handoko, Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Ketujuh. Yoyakarta: Penerbit BPFE.
Handoko, Hani, and Basu Swasta. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Konuk, Faruk Anıl. 2019. "The influence of perceived food quality, price fairness, perceived value and satisfaction on customers’ revisit and word-of-mouth intentions towards organic food restaurants." Journal of Retailing and Consumer Services 103-110.
Kotler, Philip, and Garry Amstrong. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, Dika A. 2016. "Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Citra Terhadap Niat Konsumen untuk Word of Mouth dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada BPJS di Kabupaten Ponorogo) ." Al Tijarah: Vol. 2 94-118.
Liu, Chih-Hsing Sam, and Tingko Lee. 2016. "Service quality and price perception of service: Influence on word-of-mouth and revisit intention." Journal of Air Transport Management 42-54.
Mangold, W. G., G. Miller, and R. Brockway. 1999. "Word-of-mouth communication in the service marketplace." The Journal of Services 13(1), 73-89.
Maylenanda, Siti, Sumitro Sarkum, and Abdul Halim. 2021. "Analisis Pasar dan Manajemen Pengetahuan untuk Meningkatkan Inovasi dan Kinerja Bisnis." Jurnal Inovasi.
Panjaitan, Virginia Meryanta , and Sri Suryoko. 2016. "PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA TAMAN REKREASI WONDERIA SEMARANG)." Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Petrick,, J. F. . 2002. "Development of a multi-dimensional scale for measuring the perceived value of a service." Journal of Leisure Research 34 (2) 119-134.
Rajput, Amer, and Raja Zohaib Gahfoor. 2020. "Satisfaction and revisit intentions at fast food restaurants." Future Business Journal 13.
Sarwono, J. 2011. Mengeal path analysis : sejarah, pengertian, dan aplikasi jurnal ilmiah manajemen bisnis 11(2) : 285-296.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Sigit, Soehardi. 2002. Pemasaran Praktis, Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Soeharno. 2007. Ekonomi Manajerial. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Varki, S., and M. Colgate. 2001. "The Role of Price Perceptions in An Integrated Model of Behavioral Intentions." J. Serv. Res 232–240.
Published
2021-10-03
How to Cite
Rosmina, R., Sarkum, S., & Syahputra, R. (2021). PENGARUH MOTIVASI, KUALITAS LAYANAN DAN ENVIRONMENT DENGAN PERSEPSI HARGA TERHADAP WORD OF MOUTH DAN REVISIT INTENTION. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1359-1374. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.801
Section
Articles