PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NASIONAL KAHUKU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas V SD Nasional Kahuku. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah-langkah sebagai berikut: Perencanaan, Pelaksanan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Nasional Kahuku semester II pada Tahun ajaran 2014/2015 dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif.Pada pelaksanaan siklus I presentase pencapaian indikator hanya 51,42% sehingga peneliti melanjutkan penel itian sampai siklus II dan pada pelaksanaan siklus II dilakukan upaya perbaikan pembelajaran khusunya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang belum tercapai pada siklus I melalui peningkatan fase-fase model Jigsaw yang belum berhasil sehingga prosentasi pencapaian indikator pada siklus II adalah 89,28%.Bertolak dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi membaca Teks “cerita anak” dan penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat mendorong siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri dan otonom, karena pembelajaranya berpusat pada siswa. disarankan bagi guru yang ingin menerapkan model pembelajaran Jigsaw harus mengetahui dengan benar penerapan model ini sebab model pembelajaran ini juga dapat membuat siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.
References
[2] Hasan Hamid,1992/1993.Evaluasi Hasil Belajar Jakarta ,DEPDIKBUD.
[3] Joyce,B. Dan Weil,M. 2000. Made is of Theaching Boston : Allyn and bacon
[4] Kunandar. 2007. Guru profesioanal implementasi Kurikulum Satuan Tingkat
[5] Lie. 1993. Cooverative learning. Jakarta Grasindo
[6] Tarigan.1985/2008.Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa. Membaca. jakarta: Grasindo
[7] Trianto. 2009. Mendesain model pem pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta : kencana
[8] Zainal,Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Wid