IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SMA N 3 DOMPU NTB
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen mutu terpadu terhadap penyelenggaraan pendidikan di SMA N 3 Dompu NTB. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMA N 3 Dompu NTB. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan wawancara dan peneliti sendiri karena peneliti terlibat langsung dalam menganalisis implementasi manajemen mutu terpadu di SMA N 3 Dompu NTB, Teknik Analiss data berupa (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, dan (3) Penarikan Kesimpulan/Verifikasi Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan implementasi manajemen mutu terpadu terhadap penyelenggaraan pendidikan di SMA N 3 Dompu NTB sudah begitu baik di lihat dari Layanan sekolah terhadap siswa di SMA N 3 Dompu NTB adalah memenuhi standar layanan yang baik, Sumberdaya manusia dalam proses pendidikan di SMA N 3 Dompu NTB menunjukkan sumber daya guru dan karyawan yang baik, lingkungan sekolah di SMA N 3 Dompu NTB sebagai wujud dari implementasi MMT dapat dikatakan baik, Proses pembelajaran di SMA N 3 Dompu NTB sebagai bentuk dari implementasi manajemen mutu terpadu sudah baik, dan Mutu Lulusan SMA N 3 Dompu NTB 100 % siswa lulus semua dalam 3 tahun berturut-turut
References
[2] Sri Winarsih, 2017, Journal Kebijakan Dan Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, PT Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen
[3] Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta:Bandung.