INOVASI PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor ditinjau dari indikator-indikator dimensi inovasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh data (data primer dan data sekunder) melalui teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi dan wawancara kepada narasumber yang terkait. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan serangkaian teknik atau metode, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis online di Kantor SAMSAT Kota Makassar merupakan program yang dicanangkan oleh Bapenda provinsi sulawesi selatan melalui UPTD Kantor Samsat. Data menunjukkan bahwa inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara Online dapat dinilai efektif karena dapat memudahkan dan menguntungkan masyarakat sebagai wajib pajak. Pembayaran pajak bermotor secara online di kantor SAMSAT Kota Makassar dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan ini membuktikan bahwa inovasi yang dijalankan oleh kantor samsat Kota Makassar telah digunakan oleh masyarakat sebagai wajib pajak
References
[2] Ancok, D. (2012). Kepemimpinan dan Inovasi. Erlangga. https://onesearch.id/Author/Home?author=Ancok%2C+Djamaludin
[3] Defrian, D., Sururi, A., & Hasanah, B. (2021). Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Samsat Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, December, 163–174. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v11i2.2100
[4] Hefta Zarusdan, Henny Aprianty, B. S. (2022). inplementasi Inovasi Pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 11
[5] Karmila, K. (2021). Pengaruh Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor melalui Layanan Drive Thru terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 4(1), 338–354. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.334
[6] Pratiwi, E. D., & Setyowati, K. (2021). Tipologi Inovasi Pelayanan Pajak Daerah Melalui EPPSON di BPPKAD Kota Surakarta. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 13(1), 71–81. https://doi.org/10.15575/jpan.v13i1.11783
[7] Suhartati, M. S. S. (2021). TINJAUAN YURIDIS KETERLAMBATAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MAKASSAR. 3
[8] Suryana, S., Agustino, L., & Arenawati, A. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pandeglang. JDKP Jurnal Desentralisasi Dan Kebijakan Publik, 2(2), 239–251. https://doi.org/10.30656/jdkp.v2i2.3415
[9] Akbar, N. B., & Handoyono. (2020). Metode Servqual Dan Kano (Studi Kasus Wajib Pajak Pkb Di Kantor). 01(02), 57–68
[10] Ancok, D. (2012). Kepemimpinan dan Inovasi. Erlangga. https://onesearch.id/Author/Home?author=Ancok%2C+Djamaludin
[11] Defrian, D., Sururi, A., & Hasanah, B. (2021). Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Samsat Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, December, 163–174. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v11i2.2100
[12] Hefta Zarusdan, Henny Aprianty, B. S. (2022). inplementasi Inovasi Pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 11
[13] Karmila, K. (2021). Pengaruh Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor melalui Layanan Drive Thru terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 4(1), 338–354. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.334
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.