PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP SEHAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK BEAR BRAND DI KEBUMEN
Abstract
This study aims to determine the effect of price, product quality and a healthy lifestyle on purchasing decisions of bear brand products in kebumen. the method used is a quantitative method. the sample data taken in this study are people who buy and consume bear brands in kebumen regency, totaling 100 people as respondents. instruments or data collection tools in this study using a questionnaire / questionnaire. the analytical tool in this study is using multiple linear regression analysis. data analysis techniques used in this study include qualitative analysis and quantitative analysis consisting of validity test, reliability test, t test, f test, multiple linear regression test (likert scale). data were analyzed using spss 25 for windows. the results prove the first hypothesis that price partially has no influence on purchasing decisions. the results of the second hypothesis prove that product quality has a significant effect on purchasing decisions. the results of the third hypothesis prove that a healthy lifestyle has a significant effect on purchasing decisions. the results of the fourth hypothesis prove that price, product quality and a healthy lifestyle simultaneously or together have a significant effect on purchasing decisions
References
[2] Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96-104.
[3] Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211-224.
[4] Christine, C. E., Fitriano, A., Halim, R., & Steven, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Karya Furnindo Modern. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(2), 1002-1010.Hernikasari, I., Ali, H., & Hadita, H. (2022). Model Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 329-346.
[5] Istiningtyas, A. (2010). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gaya Hidup Sehat Dengan Perilaku Gaya Hidup Sehat Mahasiswa Di Psik Undip Semarang. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada.
[6] Kencana, S. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga Skm. Clothing. Prosiding Frima (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 1003-1011.
[7] Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630.
[8] Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko. We. Cok Di Solo. J-Mind (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1-13.
[9] Lestari, R., Digdowiseiso, K., & Safrina, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Digital Marketing Umkm Industri Makanan Dan Minuman Di Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan Saat Pandemi Covid-19. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2947-2965.
[10] Lutfi, F. Z., & Baehaqi, M. (2022). Pengaruh Healty Lifestyle, Perceived Quality Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Jenis Roadbike Merk Polygon: Studi Pada Pengguna Sepeda Jenis Roadbike Merk Polygon Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 4(4), 462-478.
[11] Megananda, F., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Sehat Dan Citra Merek Terhadap Preferensi Konsumen Minuman Rtd (Ready To Drink) Di Kalangan Mahasiswa Kampus U Nesa Ketintang (Case: Coca= Cola Zero Sugar & Teh Botol Sosro Tawar). Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1613-1622.
[12] Minarti, A., & Ginoga, V. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Undersiege Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 5(2), 107-114.
[13] Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal Of Economic, Management, Accounting And Technology, 4(1), 43-54.
[14] Nurhasna, F. N., Dewi, R. S., & Lestari, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 750-757.
[15] Nurhasna, F. N., Dewi, R. S., & Lestari, D. (2022).
Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 750-757.
[16] Permatasari, E., Luthfiana, H., Pratama, N. A., & Ali, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Ulang: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 462-471.
[17] Puspasari, P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Gaya Hidup Sehat, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Susu Bear Brand. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 104-112.
[18] Saridewi, D. O., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al- Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1722-1738.
[19] Suharjo, S. N., & Harianto, A. (2019). Perbedaan Gaya Hidup Sehat Dan Sikap Terhadap Makanan Organik Dari Generasi Baby Boomers, X, Dan Y Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 45-58.
[20] Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 17-28.
[21] Thalib, S., & Hubbansyah, A. K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Beruang Bearbrand Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Pada Pelanggan Marketplace Shopee Di Desa Sindangagung Kuningan Jawa Barat). Jimp: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 2(1), 53-69.
[22] Top Brand Award. (2018). Top Brand Index Susu Cair Dalam Kemasan Siap Minum 2018. Diambil dari http://www.topbrand-award.com/top- brandsurvey/survey-result/top_brand
[23] _index_2018_fase_1 diakses tanggal 15 Oktober 2022.
[24] Top Brand Award. (2019). Top Brand Index Susu Cair Dalam Kemasan Siap Minum 2019. Diambil dari http://www.topbrand-award.com/top- brandsurvey/survey-result/top_brand
[25] _index_2019_fase_1 diakses tanggal 15 Oktober 2022.
[26] Top Brand Award. (2020). Top Brand Index Susu Cair Dalam Kemasan Siap Minum 2020. Diambil dari http://www.topbrand-award.com/top- brandsurvey/survey-result/top_brand
[27] _index_2020_fase_1 diakses tanggal 15 Oktober 2022.
[28] Top Brand Award. (2021). Top Brand Index Susu Cair Dalam Kemasan Siap Minum 2021. Diambil dari http://www.topbrand-award.com/top- brandsurvey/survey-result/top_brand
[29] _index_2021_fase_1 diakses tanggal 15 Oktober 2022.
[30] Top Brand Award. (2022). Top Brand Award Metodologi Survey. Diambil dari https://www.topbrand- award.com/metodologi.survei/ diakses tanggal 17 Oktober 2022.
[31] Top Brand Award. (2022). Top Brand Index Susu Cair Dalam Kemasan Siap Minum 2022. Diambil dari http://www.topbrand-award.com/top- brandsurvey/survey-result/top_brand
[32] _index_2022_fase_1 diakses tanggal 13 Oktober 2022.
[33] Triyono, A., & Susanti, D. N. (2021). Pengaruh Word Of Mouth, Healthy Lifestyle, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Polygon Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 3(3), 484-494.
[34] Winalda, I. T., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 10(1), 1573-1582
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.