STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI RESTORAN ZUSHIODA CIREBON
Abstract
Strategi pemasaran memegang peranan penting dalam berbagai bidang dunia usaha, dimana usaha makanan seperti Restoran Zushioda Cirebon merupakan salah satu bidang usaha yang harus memiliki strategi pemasaran, semakin unik model pemasaran yang dilakukan secara luas dan tertutup akan dapat menangkap pasar yang lebih luas dan akan mendapatkan jumlah pelanggan yang lebih banyak. Sering sekali kita melihat di lokasi yang berdekatan memiliki dua atau lebih restoran dan rumah makan dengan menu yang kurang lebih sama, yang menyebabkan persaingan bisnis yang ketat. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan strategi bauran pemasaran dengan analisis SWOT. Hasil matrik analisis SWOT tersebut maka dapat diketahui bahwa Restoran Zushioda Cirebon Menjalankan Strategi SO (Strength- Opportunity) yaitu strategi dimana perusahaan menggunakan kekuatan dan peluang yang dimilikinya untuk menjalankan perusahaannya. Dengan begitu Restoran Zushioda Cirebon ada baiknya fokus mempertahankan dan meningkatkan produk yang bervariasi dan khas yang sesuai dengan selera atau kebutuhan untuk menarik pelanggan yang lebih setia dan lebih kreatif menggunakan teknologi yang semakin canggih untuk memperluas jaringan pemasaran dengan baik
References
[2] Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo
[3] Annisa Et Al. 2015. Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Pada Mebel Ud. Jati Indah di Jember, Jurnal (Unej), H. 6
[4] Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[5]Atmoko, Presetyo Hadi dan Widyaningsih, Heni. (2018). Manajemen dan Bisnis Perhotelan. Yogyakarta: Explore.
[6] Boone, Louis E. Kurtz, David L. 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer, buku 1. Jakarta: Salemba Empat
[7] Hayani, Nurahmi Hayani. 2012. Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi. Pekanbaru: Suska Press.
[8] Jakfar dan Kasmir. 2003. Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta : Prenada Media
[9] Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2012), hlm.190.
[10] Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan, jakarta: Rajawali Pers
[11] Kotler, Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta : Erlangga
[12] Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi VIII, Erlangga: Jakarta
[13] Purnama, Lingga. 2001. Startegic Marketing Plan Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
[14] Rachmawati, Rina. 2011. Peranan Bauran (Marketing Mix pemasaran terhadap Peningkatan Penjualan Study Bisnis Restoran. Jurnal Kompetensi Teknik, Vol.2, (Mei 2011),H.148 diakses 30 Januari 2021 pukul 13.00
[15] Sadono, Sukirno, dkk. 2004. Pengantar Bisnis Jakarta: Prenada Media
[16] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D Sutrisno Hadi, Metodologi Research, jilid II, (Yogyakarta: Andi, 2004), hlm. 218. Sutopo, HB. 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: UNS Press Suwarsono. 1996, Manajemen Strategik (Konsep dan Kasus). Edisi Revisi.
[17] Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetajan Akademik Manajemen Perusahaan YKPN
[18] Syamsuri.(2010). Analisis Penerapan Strategis pada Rumah Makan Ayam Bakar Solo Cabang Malang. Jurnal Proyek Akhir universitas islam Negeri Maulan Malik Ibrahim Malang
[19] Tjiptono. Fandy. 1998. Strategi Pemasaran, Edisi II. Penerbit Andi Yogyakarta Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI
[20] Wahyudi, 1996 Manajemen Strategik, Jakarta, Penerbit Binarupa Aksara
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.