MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 3 LOWU-LOWU KOTA BAUBAU

  • Wa Ode Windy Azzahra Universitas Muhammadiyah Buton
  • Manan Manan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Buton
  • Acoci Acoci Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: : Motivasi Belajar, Siswa, Media Gambar, SD Negeri 3 Lowu-lowu

Abstract

Berdasarkan hasil pada siklus II ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I.Adanya peningkatan motivasi belajar pada siklus II ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan media gambar, siswa menjadi lebih terbiasa dengan pembelajaran seperti ini, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang telah diberikan. Pada siklus II ketuntasan secara kalsikal telah tercapai, sehingga penelitian ini hanya sampai pada siklus II. Penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan berimplikasi pada peningkatan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 3 Lowu-lowu Kecamatan Lea-lea Kota Baubau. Hal ini dapat ditunjukan dengan data hasil belajar mulai dari pra siklus, siklus I secara klasikal siswa belum mengalami ketuntasan belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥65 hanya sebesar 37,03% lebih kecil dari presentase ketuntasan motivasi belajar yang dikehendaki yaitu sebesar 80%. Pada siklus II dengan penggunaan media gambar dalam pembelajaran secara kalsikal siswa sudah tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥65 adalah sebesar 96,29% lebih besar presentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu 80%.

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas
Djahari. 2009. Model-model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran
Hamzah, B. Uno.2007.Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
Haryanto.. 2012. Karakteristik Pendidikan. Jogjakarta: Multi Presindo
Kurnia Anwar. 2014. Materi Pokok Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Kurikulum Universitas Terbuka. Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sardiman AM. 2003. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Sapriyadi. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya
Suwandi Sarwiji. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13
Sagala Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Wena Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yamin Martinis. 2007. kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
2023-08-31
How to Cite
Windy Azzahra, W. O., Manan, M., & Acoci, A. (2023). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 3 LOWU-LOWU KOTA BAUBAU. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(4), 877-886. https://doi.org/10.47492/jip.v4i4.2775
Section
Articles