ANALISIS TINGKAT KESUKARAN BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERI 1 LEWA

  • Aryanti Huki Landutana Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Anita Tamu Ina Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Audrey Louise Makatita Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: Tingkat Kesukaran, Daya Beda, Biologi, Lewa

Abstract

Penlitian ini bertujuan menganalisis tingkat kesukaran dan daya beda butir soal penilaian akhir semester genap tahun ajaran 2022/2023 pada mata pelajaran Biologi kelas di SMP N 1 Lewa. Objek dalam penelitian ini adalah soal penilaian akhir semester mata pelajaran biologi kelas VII dengan subyeknya adalah guru IPA dan peserta didik kelas VII SMP N 1 Lewa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal dari guru mata pelajaran Biologi kelas XI tahun ajaran 2022-2023 di SMP N 1 Lewa, ditinjau dari tingkat kesukarannya butir-butir soal tergolong sukar. Hal ini dapat diketahui bahwa dari 35 butir soal tergolong dalam soal kategori terlalu sukar sebanyak 5 buah soal (14%), soal cukup 18 (52%) dan soal terlalu mudah sebanyak 12 buah (34%).

References

[1] Adiputra,I.B.R.(2012).Analisis Butir Soal Tes Ulangan Akhir Semeste IPS Terpadu Buatan MGMP IPS Kabupaten Gianyar kelas VII Semester 1 tahun pelajaran 2011-2012. jurnal penilitian dan evaluasi guruan indonesia 2(1)
[2] Amalia,A.N. & Widayati, A.(2012). Analisis butir soal tes Kendali mutu kelas XII SMA mata pelajaran ekonomi akuntansi di kota Yogyakarta tahun 2012 .Jurnal Guruan Akuntasi Indonesia ,10(1).
[3] Anida Rahmaini, Aditnya Nur Taufik .(2018).”Analisis butir soal guruan agama Islam di SMK N 1 sedayu tahun ajaran 2017 /2018 “.Jurnal Mudarrisuna.8.(1):1-2
[4] Arikunto, Suharsimi (2013: 60). Dasar Dasar Evaluasi Guruan. Jakarta :Bumi Aksara.
[5] Azis.(2016).Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. ISSN: 2008 -20157 Vol. 6 No. 1, 18
[6] Bistok Sirait . (2009:301) Bahan Pengajaran Untuk Mata Kuliah Evaluasi Hasil Belajar Siswa Buku II. Jakarta: Direktorat Jendral Guruan Tinggi P2LPTK.
[7] Daryanto.(2008).Evaluasi Guruan .Jakarta: Rineka Cipta
[8] Hamidah, A. (2014). Persepsi siswa tentang kegiatan praktikum biologi di laboratorium SMA Negeri Se –Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1),22 1111.
[9] Herdiansyah, H. (2010:143) Metodologi Penilitian untuk Ilmu ilmu Sosial. Jakarta:Salemba Humanika
[10] Kadir, A.(2015). Menyusun dan Menganalisis Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8, No. 2, Juli-Desember, 72.
[11] Mardapi , D. (2017). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Guruan. Yogyakarta: Parama Publishing
[12] Sudijono,Pengantar Evaluasi Pendidikan,( Jakarta :Raja Grafindo
[13] Sukardi,Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, ( Jakarta:Bumi Akasra, 2014), hal. 138
[14] Septiani, N (2016).Analisis Butir Soal Ulangan Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X Dan Xi Pada MAN Sampit. Edusains,(2) 115-121.
Published
2023-08-01
How to Cite
Landutana, A., Ina, A., & Makatita, A. (2023). ANALISIS TINGKAT KESUKARAN BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERI 1 LEWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3), 685-690. https://doi.org/10.47492/jip.v4i3.2759
Section
Articles