FAKTOR PENYEBAB SISWA TIDAK MENCAPAI KKM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
This research is a qualitative research that aims to describe the factors causing the Fifth Grade students do not achieve the KKM in Mathematics at UPTD SDN 77 Mahaka. The subjects of this study were the fifth grade students, parents of the fifth grade students and UPTD teachers at SDN 77 Mahaka. Collecting data using observation, interviews and documentation. Data analysis techniques namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results and conclusions of the study indicate that the factors causing the fifth grade students do not reach the KKM in mathematics include internal factors and external factors. Where internal factors include: students consider the mathematics is difficult, students are less interested in learning the mathematics; students lack concentration when learning mathematics; students' motivation to learn mathematics is low; and the unhealthy of the student body condition. External factors include: the use of media or visual aids that are less than the teacher's; and students' family situations that are less in supporting.
References
[2] Astuti. D. P., Muslim. A. 2020. Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri Jambu 01. 7(2), 185–192.
[3] Dewi, S. R. 2021. Improving teacher’s ability of sd negeri 06 tapang pulau in deciding passing grade (kkm) through workshop. 7(2).
[4] Ediza., Saam. Z., Yakub. E. 2014. Faktor Penyebab Siswa Tidak Memperoleh Nilai Dibawah KKM pada Mata Pelajaran Matematika, SAINS, dan IPS SDN 010 Bangko Sempurna. Jom.UNRI.ac.id. 1-17
[5] Farhan, M. 2018. Analisis Penentuan Standar Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal Mata Pelajaran Fisika Kelas. Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
[6] Handayani. N. F, Mahrita. 2020. Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK & Pendidikan. Vol. 6 No. 2
[7] Irianti, R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi. vox edukasi. 1–11.
[8] Jaya I. M. L. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. teori, penerapan, dan riset nyata (ke-2). Quadrant.
[9] Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[10] Mulyadi. 2016. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Prenadamedia Groub.
[11] Mustakim, R. 2014. Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Lembang Bau Kabupaten Kepulauan Selayar. Universitas Muhammadiyah
[12] Moleong. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
[13] Nasaruddin. 2018. 21 Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 3 No. 2
[14] Novita, E. 2016. Kendala-Kendala Peserta Didik dalam Mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Pariaman. Thesis, 1–7.
[15] Nurfitriyana. 2021. Analisis faktor penyebab hasil belajar matematika rendah pada siswa kelas XII IPA SMA Muhammadiyah Sungguminasa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.
[16] Permendikbud Nomor 23. 2016. Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2016, Standar Penilaian Pendidikan.
[17] Rahman, A., Wardana, A., & Rifqienur. 2022. Skill in Thematic Learning SD Inpres Mangasa I Kota Makassar
[18] Safitri. S. R. E., & Setiawan. A. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Nasional Pendidikan. 338-344
[19] Sandri. D., Isnaniah., Tisnawati. T. 2023. Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa. Vol. 2 No. 1
[20] Saputro. K. A., Sari. C. K., & Winarsi. 2021. Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 5 No. 4
[21] Sari, E. W. 2020. Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD Negeri 37 Kaur. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154.
[22] Setyani. M. R. 2018. Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Universitas Muhammadiyah Jakarta
[23] Sitinjak. L. & Kadu. A. U. 2016. Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar. Jurnal Akademik Keperawatan Husada Karya Jaya. Vol. 2 No. 2
[24] Suarjana. M., Riastini N., Yudha P. 2017. Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media konkret untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. International Journal Of Education, 1, 14.
[25] Sudarto, S., Rosmalah, R., & Nur’ainun, K. 2022. Hubungan antara Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 334.
[26] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
[27] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). In Alfabeta (Vol. 151). Alfabeta.
[28] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
[29] Tyas, N. M. 2016. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Semarang.
[30] UU Republik Indonesia. 2003. UU Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional 8 Juli 2003. Jakarta.
[31] Wahyuni, S., Areva, D., & Dahen, L. 2015. Proses Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Se-Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Jurnal Ipteks Terapan, 8(3), 105–111.
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.