PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PENDAFTAR MAHASISWA BARU
Abstract
Era media sosial secara pelan namun pasti telah memaksa banyak perusahaan ataupun instansi mengubah cara mereka berkomunikasi termasuk perguruan tinggi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sebagai salah satu perguruan tinggi juga menggunakan media sosial sebagai salah satu media promosinya untuk menarik calon mahasiswa. Penggunaan media sosial ini menjadi salah satu cara untuk semakin meningkatkan jumlah pendaftar, sehingga menjadi salah satu hal yang dapat menjadi pilihan dalam promosi perguruan tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini merupakan bagian dari Humas (Hubungan Masyarakat) UIN Alauddin Makassar yang menjadi pengelola akun media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menggunakan beberapa media social dalam rangka melakukan promosi untuk meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru. Hal ini mengindikasikan bahwa saat ini penggunaan media social menjadi hal yang begitu penting dalam melakukan promosi khususnya bagi perguruan tinggi.
References
[2] Bahfiarti, T., 2012, Buku Ajar Dasar-Dasar Teori Komunikasi, Makassar : Universitas Hasanuddin.
[3] Cangara, H., 2014, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
[4] Hanafi, A., 2010, Marketing Media Sosial untuk Pencitraan Perguruan Tinggi.
[5] Hamzah, A., 2015, Pola Penggunaan Situs Jejaring Sosial Sebagai Media Pembelajan Untuk Mahasiswa, Teknoin.
[6] McQuail, D., 2003, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Erlangga.
[7] Nuruddin, 2007, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[8]Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
[9] Putra, T., H., 2015, Kepuasan Anggota Instanusantara Surabaya pada pengguna Media Sosial Instagram, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
[10] Suryadih, D., 2006, Promosi Efektif, Cetakan I, tugu Publisher, Yogyakarta.
[11] Setyani, N., I., 2013, Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas, Jurnal Komunikasi Universitas Sebelas Maret.
[10] Jalaluddin, R., 2001, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
[11] Morrisan , 2011, Teori Pengantar Individu Hingga Massa, Jakarta: Prenada Media Group.
[12]Kevin,S.,https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram#Fitur-fitur_Instagram (diakses pada 16 September 2021)
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.