PENERAPAN TEKNIK POMODORO DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS SISTEM INFORMASI-3
Abstract
Belajar merupakan kewajiban bagi setiap mahasiswa. Untuk menjaga fokus belajar apalagi pada saat Pandemi Covid-19 ini pastinya enggak akan mudah. Untuk itu menjaga fokus belajar perlu metode yang sesuai, salah satunya adalah menggunakan Metode Pomodoro. Metode Pomodoro ditemukan oleh seorang mahasiswa Italia yang bernama Francesco Cirillo pada tahun 1980. Teknik belajarnya ialah dengan memanajemen waktu. Francesco Cirillo mulai merubah mekanisme belajarnya dengan interval waktu tertentu agar kondisi jasmani maupun rohani dapat tetap terjaga. Ia membagi waktu belajar dan istirahat dengan efisien. Metode ini dikembangkan untuk membantu orang mengatur waktu. Mengatur waktunya dilakukan dengan membagi fokus. Riset menunjukkan kalau manusia rata-rata hanya bisa fokus dalam konsentrasi tinggi selama 25-30 menit, jika lebih dari itu, maka biasanya orang akan kehilangan fokus
References
Feng, J. (2016). Evaluasi Teknik Pomodoro Untuk Menghentikan Penundaan dan perubahan Perilaku. Interaksi Manusia Komputer, 1-3.
Heidy Arviani, H. A. (2021). Peningkatan Kualitas Belajar Siswa dengan Teknik Pomodoro, Cornell Notes, dan Feynman. Jurnal Pengabdian Masyarakat; Volume 2, 64-85.
Shinoda, K. (2020). Teknik Pomodoro Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 1-6.
Widya Ekas Septiani, S. A. (2022). Efektifitas Teknik Pomodoro terhadap kualitas Menulis Teks Deskriptif Siswa. Jurnal Basicedu Vol 6 No 3, 3390.
Zulfahmi Lubis, M. (2016). Kewajiban Belajar. Zulfahmi Lubis: Kewajiban Belajar, 229.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (n.d.)
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.