PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE LOKASI WISATA PULAU PENYENGAT TANJUNGPINANG

  • Eka Kurnia Saputra Program Studi S1 Manajemen, STIE Pembangunan Tanjungpinang
Keywords: Consumer Behavior; Visiting Decisions; Tourist; Covid-19

Abstract

This study aims to determine whether consumer behavior influences the decision to visit Penyengat Island tourist site. This type of research is quantitative associative with a research sample of 100 domestic and foreign tourists visiting Penyengat Island tourist site. The sampling technique used is based on the Slovin technique. The type of data used in this study is to use primary data and secondary data while the data analysis technique used is a simple linear regression test by testing the hypothesis. The results showed that the result of the t value is 2.036> t Table 1.984 and the significance value (Sig.) 0.044 <0.05. So it can be concluded that the variable consumer behavior affects the decision to visit Penyengat Island tourism. In this case, the influence of consumer behavior on the decision to visit Penyengat Island tourist location is needed in order to continue to increase the number of visitors to tourist sites on Penyengat Island while adhering to the covid-19 health protocol.

References

[1] Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. JURNAL VISIONER & STRATEGIS, 7(2), 1–9.
[2] Agustina, P. (2011). Psikologi Perkembangan. Surakarta: PGSD UMS.
[3] Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
[4] Ayubbi, S. Al. (2013). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus (Studi Kasus Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor). Https://Repository.Ipb.Ac.Id/Jspui/Bitstream/123456789/63935/1/H13saa.Pdf.
[5] Azizah, S. N., & Usmantoro, F. (2019). Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Obyek Wisata Brujul Adventure Park Kebumen. Jurnal Pariwisata, 6(1).
[6] Boone, E. L., & Kurtz, L. D. (2012). Pengantar Bisnis (1st ed.). Jakarta: Erlangga.
[7] Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (7th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[8] Gusful, A., & Prasetyo, B. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan dalam Berkunjung di Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 10(1).
[9] Handoko, H. T. (2014). Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
[10] Hariwijaya, & Triton. (2011). Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: ORYZA.
[11] Idris, F. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Di Toko Fajar Sport Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Universitas Diponegoro.
[12] Jerry C. Olson dan Peter J. Paul. (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran (9th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
[13] K., D., & Sumaryati, M. L. A. (2010). Prinsip-Prinsip Dasar Penelitian Bahasa dan Sastra. Bandung: Nuansa.
[14] Kiswanto, A. H. (2011). Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Dampo Awang Beach Rembang. Universitas Negeri Semarang.
[15] Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). New Jersey: Pearson Pretice Hall.
[16] Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
[17] Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
[18] Krisnadi, A. R., & Onggo, R. (2018). The Effect of Consumer Behavior on Decision Visit to Seaworld Ancol Jakarta. Advances in Economics, Business and Management Research (AEBMR), 52.
[19] Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
[20] Kurniawati, M., Rachman, N., & Khairul, M. (2013). Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Rusunawa II Unisma). E – Jurnal Riset Manajemen.
[21] Lubis, M. R. R., & Kartikasari, D. (2019). Analisis Pengaruh Konsumen yang Mempengaruhi Pemilihan Tempat Wisata Pantai Dendang Melayu Batam. Journal of Business Administration, 3(1).
[22] Marliani, G., & Sugiarto, T. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Pengambilan Keputusan dalam Menentukan Destinasi Wisata di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2).
[23] Meilinda, E., & Susanti, E. D. (2018). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Psikologis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Sate Tepi Sawah (Jalan Petiken Driyorejo Gresik). JURNAL BISNIS INDONESIA, 9(2).
[24] Ningsih, E. R. (2010). Perilaku Konsumen (Pengembangan Konsep dan Praktik Dalam Pemasaran). Kudus: Nora Media Enterprise.
[25] Pribudi, S., & Harjanti, D. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Shoesholic Shop Tunjungan Plaza Surabaya. AGORA, 6(1), 1–8.
[26] Rafiz, F. M., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2016). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Daihatsu (Studi Pada Konsumen Kendaraan Daihatsu Di PT. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2).
[27] Rosha, Z. (2018). The Effect of Implementation of Service Marketing Mix to the Process of Tourist Decision to Visit Tourism Object: A Case Study at Lembah Harau, Lima Puluh Kota Regency, Sumatera Barat Province, Indonesia. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.9), 112–117.
[28] Rumengan, J. (2010). Metodologi Penelitian Dengan SPSS. Batam: UNIBA Press.
[29] Salmah, N. N. A. (2015). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetika Sari Ayu Pada Toko La Tahzan Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 12(1), 1–13.
[30] Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[31] Saragih, D. F., Opod, H., & Pali, C. (2016). Hubungan tingkat kepercayaan diri dan jerawat (Acne vulgaris) pada siswa-siswi kelas XII di SMA Negeri 1 Manado. Jurnal E-Biomedik (EBm), 4(1).
[32] Sari, B., & Mahanani, E. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Telon Lang (Survei Event Csr PT. Eagle Indo Pharma). Jurnal STEI Ekonomi, 26(2).
[33] Schiffman, Leon, Kanuk, Leslie Lazar and Wisenblit, J. (2013). Consumer Behavior (10th ed.). Singapore: Prentice Hall.
[34] Setiadi, N. (2010). Perilaku Konsumen (Revisi). Jakarta: Kencana.
[35] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[36] Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam. Pemasaran (3rd ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.
[37] Sungkawa, I., Eviyati, & Nuresi. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah-Buahan Import Di Kota Cirebon (Kasus Di Perumahan Sapphire, Taman Cipto dan Taman Wahidin). Paradigma Argibisnis, 1(1).
[38] Swasta, B. D. (2011). Materi Pokok Manajemen Pemasaran (2nd ed.). Jakarta: Universitas Terbuka.
[39] Swastha, B., & Handoko, H. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
[40] Syafirah, Mananeke, L., & Rotinsulu, J. J. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 245–255.
[41] Towoliu, J. E. ., & Tumbuan, W. J. F. . (2017). Pengaruh Faktor Pribadi Dan Faktor Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Waroeng Tepi Laut, Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 308–322.
Published
2022-06-08
How to Cite
Saputra, E. (2022). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE LOKASI WISATA PULAU PENYENGAT TANJUNGPINANG. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4677-4690. https://doi.org/10.47492/jip.v3i1.1693
Section
Articles