PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO- VISUAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar Mahamahasiswa STKIP Kusumanegara melalui penggunaan media pembelajaran audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang mengikuti model kemmis tanggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu Planing (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi), sedangkan data dikumpulkan melalui melalui tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar yang signifikan. Hal ini di buktikan dengan hasil rata-rata tes pada setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada sikulus 1 = 69.25; siklus 2 = 79.56; siklus 3 = 84.25. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa setelah menggunakan media pembelajaran audio visual, motivasi belajar mahamahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan.
References
[2] A.M. Sardiman, 2005, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
[3] Mulyasa,E.2003.Kurikulum Berbasis Kompetensi.Bandung:Remaja Rosdakarya.
[4] Prof.Dr. Oemar Hamalik 2001, proses belajar mengajar, Jakarta PT Bumi Aksara hal.158
[5] Sanjaya Wina, 2008, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta Kencana 2008 hal 250
[6] Muahimin, 2001. Paradigma Pendidikan Islam , Bandung PT Remaja Rosdikarya hal 133
[7] Djaali, 2011, Psikologi Pendidikan, Jakarta Bumi Aksara hal 109
[8 ] Kustiono, 2009, Media Pemebelajaran, Semarang Aneka Ilmu, hal 1
[9] Silbermanman, Mel 1996 active learning 101 strategies to teach any sudject New York : temple Univercity Uneted of Amerika,,hal 9
[10] Dr. Wyna Sanjaya,strategi pembelajaran Berorientasi Satndar Proses Pendidikan, ( Jakarta : Kencana Prenada Media, 2006 ) , 160
[11] Robertus Angkowo dan A Kosasih , Optimalisasi Media Pembelajaran, (Jakarta PT. Grasindo, 2007 )
[12] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A, 2004 Media Pembelajaran 6-7
[13] Ahmad Rohadi ,pengelolaan Pengajaran (Jakarta : PT , Rineka Cipta 2004), 161-165
[14] Sudjana, Nana & ahmad Rivai, 2002 Media pengajaran, Cet ke 2 Bandung sinar baru algesindo, hal
[15] Ariani niken dan haryant, 2010, pembelajaran Multimedia di Sekolah, Pedoman Pembelajaran [7]Inspiratif, Konsturksif, dan Prospektif, Jakarta :PT Prestasi Nusantara hal 11
[16] Sudjana, Nana & ahmad Rivai, 2002 Media pengajaran, Cet ke 2 Bandung sinar baru algesindo, hal 3
[17] Darajat Zakiyah, dkk, 2001 Metodologi Pengajaran Agama islam, Jakarta PT. bumi Aksara Hal. 228-229
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.