KEGIATAN AKTUALISASI NILAI PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH PERSIS NO 13 BOJONGWARU KABUPATEN BANDUNG
Abstract
Pancasila yang telah disepakati sebagai dasar dan pandangan hidup bernegara tentu harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, nilai yang terkandung dalam Pancasila yang dimaksud harus dibuat ringkas dan menjadi rutinitas seluruh lapisan masyarakat agar nilai yang dimaksud dapat membumi serta bukan hanya menjadi utopia belaka. Tidak terkecuali bagi anak, anak sedari dini harus ditanamkan nilai Pancasila khususnya sila pertama yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa” sesuai dengan agama yang dianutnya. Ini merupakan sesuatu yang krusial karena pada saat usia dini anak dapat dengan mudah dibentuk serta diarahkan, sehingga aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat terlaksana. Pada kesempatan kali ini kami kelompok 1 dari mata kuliah Pendidikan Pancasila, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung telah melaksanakan tugas aktualisasi nilai-nilai Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Persatuan Islam No. 13 Bojongwaru, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung pada tanggal 12 November 2021 dengan materi yang dibawakan berupa pengenaalan dasar-dasar tentang Islam dan doa-doa harian. Dalam melaksanakan program, kami menggunakan metode belajar sambil bermain, juga dengan memberikan hadiah atas setiap keberhasilan anak. Tujuannya adalah agar anak dapat memahami nilai Pancasila secara ringan dan dapat melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.
References
[2] Agustriani, L., Verdha, L., Fajar, M., Inshi, M., Farihin, M., Salman, M., … Herdiana, D. (2022). Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Permainan Kerjasama Tim kepada Anak-anak. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 150–158.
[3] Asriadi, M., & Masni. (2021). Penggunaan Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sma Dharmawirawan Pepabri Makassar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 169–173.
[4] Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
[5] Khoisiah, N. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas Probolinggo. Al-Insyiroh, 6(1), 86–88.
[6] Nurrita, T. (2021). Pendidikan Anak dalam Konsep Islam. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 6(1), 157–168.
[7] Pratama, S. (2020). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam Proses Pembelajaran di kelas V SDN 3 Negeri Batin Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan. UIN Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/12284/
[8] Sopyanita, F. P., Fauziah, G., Meilani, F. A., Zakaria, F., Hasna, R., Berliana, Je., & Herdiana, D. (2022). Kegiatan Sosialisasi Anti Rasisme Melalui Pengenalan Nilai-nilai Pancasila Kepada Anak-anak. Locus Abdimas, 1(1), 168–177.
[9] Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Reseach and Development. Bandung: Alfabeta.
[10] Susanto. (2016). Pancasila Sebagai Identitas Dan Nilai Luhur Bangsa: Analisis Tentang Peran Pancasila Sebagai Modal Sosial Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 2(1), 44–52.
[11] Widiatama, Mahmud, H., & Suparwi. (2020). Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Membangun Negara Hukum Indonesia. Jurnal USM Law Review, 3(2), 310–327.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.