PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH MAHASISWA STKIP PAMANE TALINO KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR SECARA LURING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI DESA ENGKALONG KABUPATEN LANDAK
Abstract
Masa Pandemi yang dinamakan virus covid sejak awal tahun 2019 memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi seluruh masyarakat salah satunya bagi pendidikan yang ada di Indonesia khususnya didaerah kabupaten Landak. Proses belajar mengajar dilakukan dari rumah yang dikenal dengan pembelajaran daring, namun untuk siswa Sekolah dasar pembelajaran dilakukan secara luring atau pemberian tugas kepada siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana dampak covid 19 terhadap yang ada di Sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Pemberian Tugas terstruktur bagi siswa Sekolah dasar yang dilakukan oleh guru setipa seminggu sekali. Metode diskusi adalah cara mengajar yang dicirikan oleh suatu keterkaitan pada suatu topic atau pokok penyataan atau masalah dimana para siswa diskusi berusaha untuk mencapai suatu keputusan. Hasil pendampingan dan pembahasan belajar yang telah dilakukan secara luring berjalan dengan baik walaupun dilakukan ditengah wabah covud 19, pendampingan dilaksanakan dengan memperhatikan protocol kesehatan yang ketat, seperti wajib memakai masker saat dilaksanakan pembelajaran dan menjaga jarak aman
References
[2] Helmiati.2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
[3] Aisyah, Risa Nur. 2012. Hubungan Antara Perhatian Orang tua dengan Disiplin Anak di Sekolah. Skripsi. Padang : FIP UNP.
[4] Undang – undang perguruan tinggi nomor 12 tahun 2012. Pasal 31 tentang pendidikan jarak jauh ( PJJ ).
[5] Pengertian Bimbingan Menurut Crow dan Crow( pragitno, 2004 : 94)