EDUKASI STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN TIPS WIRAUSAHA PADA MASA PANDEMI DI DUSUN BUTUH, DESA CUCUKAN
Abstract
Pada masa Pandemi Covid-19 perekonomian masyarakat mengalami penurunan. Perlu adanya edukasi yang dapat membantu para pelaku usaha untuk bangkit kembali dari ketidakpastian kondisi saat ini. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan pelaku usaha khususnya di dusun Butuh RW 09 Cucukan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Tujuan kegiatan ini yaitu menjelaskan mengenai strategi pemasaran digital dan peluang produk yang dibutuhkan dan diminati saat ini serta motivasi berwirausaha. Metode yang dilakukan yaitu dengan ceramah, diskusi dan pendampingan. Materi yang disampaikan pada pengabdian masyarakat ini yaitu strategi pemasaran digital dan tips wirausaha dimasa pandemi. Hasil dari kegiatan ini adalah strategi pemasaran digital yang menyeluruh oleh peserta dapat di implementasikan dan produk yang diminati serta dibutuhkan saat ini yang dapat memunculkan peluang usaha yang menjanjikan.
References
[2] Austhi, Deby. “Motivasi Berwirausaha Dan Kesuksesan Berwirausaha Pada Wirausahawan Wanita Anne Avanite.” Agora 5, no. 1 (2017): 1–5.
[3] Brahmbhatt, Kuldeep. “Ethical Marketing Communication in the Eraof Digitalizition.” Indore Management Journal 7, no. 2 (2015): 36–44.
[4] Hadiwijoyo, Soenarno. Ki Hadjar Dewantara Dalam Pandangan Para Cantrik Dan Mentriknya. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1989.
[5] Munawaroh, Munjiati, Hasnah Rimiyati, and Fajarwati. Kewirausahaan Untuk Program Strata 1. Yogyakarta: LP3M UMY, 2016.
[6] Purwana, Dedi, R Rahmi, and Shandy Aditya. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1, no. 1 (2017): 1–17.