PELATIHAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MANAJEMEN PRODUKSI PADA USAHA TELUR ASIN RAMADANI
Abstract
Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Universitas PGRI Madiun ini bertujuan untuk (1) Mengedukasi karyawan pentingnya manajemen sumberdaya manusia dan manajemen produksiĀ melalui standar operasional prosedur pelayanan yang baik; (2) Terbentuknya kebiasaan yang baik melalui standar operasional pelayanan prima; (3) Meningkatkan potensi kearifan lokal ekonomi (local genuine economic) untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan Pendapatan usaha telur asin Ramadaani. Kegiatan ini dawali dengan mengadakan pelatihan manajemen sumberdaya manusia dan manajemen produksi yang diikuti oleh karyawan telur asin ramadani .Luaran dari penelitian ini adalah simulasi standar operasional prosedur (SOP) pelayanan prima kepada konsumen. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pihak yang terlibat pada beberapa peserta yang menjadi sasaran pelatihan, didapatkan masukan yang menyampaikan kebermanfaatan program pelatihan tersebut.
References
[2] Asih, Nyoman Suparmanti. (2016). Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Agata Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7 (2).
[3] Utami, Ida Ayu Inten Surya.,Jatra, I Made. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. E-jurnal Manajemen Unud, 4(7), 1984-2000.
[4] Zuraya, N. (2020). 3 Dampak Besar Pendemi Covid-19 bagi Ekonomi RI. Republika.co.id.