PELATIHAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN ASINKRON UNTUK TUTOR DI LINE COURSE
Abstract
kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk 1) melakukan bimbingan pengetahuan dan memberikan pemahaman para tutor terkait pentingnya strategi komunikasi dan langkah-langkahnya, 2) memberikan pendampingan saat menerapkan strategi komunikasi untuk menjelaskan materi dalam pembelajaran online. Subjek kegiatan ini adalah delapan (8) tutor bahasa Inggris dari bimbingan belajar Line Course, mojoagung-Jombang-Jawa Timur. Dari hasil kegiatan pelatihan melalui observasi, sebagian besar peserta dengan prosentase 75% bisa memahami dan menerapkan teori dalam memberikan penjelasan materi. Dari bimbingan pelatihan pengetahuan dan pendampingan praktek, semua peserta memberikan penilaian positif dari kegiatan ini.
References
[2] Kebritchi, M., Angie L., & Lilia S. (2017). Issues and Challenges for teaching Successful Online Courses in Higher Education: A Literture Review. Journal of Educational Technology. Vol 46, No. 1, DOI: 10.1177/0047239516661713journals.sagepub.com/home/ets.
[3] Mardiana, W., & Afkar T. (2020). EYL Teachers Communication Strategies in Synchronous and asynchronous Online Teaching and Learning. Edukasi: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 7 (2), 194-210. https://doi.org/10.19109/ejpp.v7i2.6628.
[4] Mazer, J. P. (2013). Associations Among Teacher Communication Behaviors, Student Interest, and Engagement: A Validity Test. Communication Education, 62:1, 86-96, DOI: 10.1080/03634523.2012.731513.
[5] Murray, H.G. (1987). Acquiring Students Feedback That Improves Instruction. New Directions for Teaching and Learning, 32, 85-96.
[6] Perveen, A. (2016). Synchronous and Asynchronous E-Language Learning: A Case Study of Virtual University of Pakistan. Open Praxis. Vol 8 Issue 1.
[7] Powell, Robert G & Dana L Powell. (2010). Classroom Communication and Diversity: Enhancing Instructional Practices. London: Taylor & Francis Group.