PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK- ANAK SETINGKAT SEKOLAH DASAR DI DESA WISATA PAGARAN GALA- GALA, MANDAILING NATAL- SUMUT, DALAM MENGAHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) MELALUI METODE DRILLING DAN REPETITION

  • Dina Syarifah Nasution STAIN Madina
  • Sartika Dewi Harahap STAIN Madina
  • Syamsiah Depalina Siregar STAIN Madina
  • Afriyanti Hasibuan STAIN Madina
Keywords: Pengabdian, Penguasaan Bahasa, Desa Wisata, Drilling & Repetition

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dalam upaya  memberikan pemahaman mengenai penguatan Ekonomi Asean (MEA), Berbasis Community Development (pengembangan masyarakat) oleh Tim Dosen Prodi Tadris Bahasa Inggris STAIN Madina melaksanakan pengabdian masyarakat kepada anak-anak setingkat SD di desa wisata Pagaran Gala-gala, kecamatan Panyabungan Selatan, Mandailing Natal-Sumatera Utara. Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini didukung oleh berbagai pihak yang dalam hal ini Kepala Desa dan orang tua siswa-siswa sebagai sasaran pendampingan ini. Salah satu alasan dipilihnya desa ini yakni merupakan 10  tujuan wisata terbaik di Kabupaten Mandailing Natal. Selanjutnya, kepedulian serta keterlibatan aktif masyarakat dalam mendukung pesona desa agar terlihat kepada Masyarakat luas dan sebagai wujud kearifan lokal. Mereka sangat mendukung program yang dilaksanakan karena mereka menyadari bahwa untuk mempertahankan Desa Pagaran Gala-gala sebagai Desa Wisata tentu saja dibutuhkan kemampuan berahasa Asing khususnya Bahasa Inggris. Tahapan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu; Sosisalisasi Program Kerja, Pendampingan Penguasaan Bahasa Inggris  dan Evaluasi Pengabdian kepada Masyarakat. Pendampingan berlangsung selama 8 kali pertemuan tatap muka yang berdurasi 2 jam, diikuti oleh 20 orang peserta. Pokok bahasan yang disampaikan berfokus pada Vocabulary, Writing dan Reading dengan metode drilling dan repetition. Melalui pendampingan Bahasa Inggris yang dilaksanakan kelak dapat menciptakan lapangan kerja mandiri berupa menjadi pemandu wisata dan memberikan pelayanan baik bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal ketika berkunjung ke Desa tersebut

References

[1] Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language
[2] Pedagogy. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
[3] Chang, Yu-Ying. 2010. “English-Medium Instruction for Subject Courses in Tertiary
[4] Education: Reactions from Taiwanese Undergraduate Students.” Taiwan International ESP Journal, Volume 2, Number 1, (pp. 55-84).
[5] Harmer, Jeremy. 2007a. How to Teach English. Essex: Pearson Education Limited.
[6] -------. 2007b. The Practice of English Language Teaching. Essex: Pearson Education
[7] Limited.
[8] Kruger, Sherri. 2010. “Why You Should Learn by Doing”. http://www.dumblittleman.com/2010/10/why-you-should-learn-by-doing.html
[9] (diakses tanggal 3 November 2013).
[10] McKay, Penny. 2007. Assessing Young Language Learners. Cambridge: Cambridge
[11] University Press. Moon, Jayne. 2000. Children Learning English. Oxford: Macmillan Publishers Limited.
[12] Nation, Paul. 2003. “The Role of the First Language in Foreign Language Learning.” Asian
[13] EFL Journal, Volume 5, Issue 2. http://www.asian-efl-journal.com/site_ map_ 2003
[14] .php (diakses tanggal 30 Agustus 2012).
[15] Paul, David. 2003. Teaching English to Children in Asia. Hong Kong: Pearson Education
[16] Asia Ltd.
[17] Scott, Wendy A. and Lisbeth H. Ytreberg. 2000. Teaching English to Children, New York:
[18] Longman Group UK Ltd. Andy, Rusfandi, & Muzammil, L.
[19] (2017). Model Pembelajaran Drilling dan Repetition Bagi Masyarakatdesa Jedong Kecamatan Wagir. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM-Universitas Kanjuruhan Malang, 30 Agustus 2017 (pp. 117-121). Bisa diakses di https://semnas.unikama.ac.id/lppm/prosiding/2017/Pengabdia n/19.Andy_Pengabdian_PendidikanBahasaInggris.pdf. Wijayatiningsih, T. D., Mulyadi, D., & Fathurrohman, A. (2015). Drill dan Repetition Dalam Pelatihan Bahasa Inggris Pemilik Homestay Desa Wisata Kandri Semarang. The 2nd UniversityResearch Coloquium 2015 ISSN 2407-9189. Yoshida, K. & Fukada, A. (2014). Effects of Oral Repetition on Learners’ Japanese Word Accentuation. IALLT Journal of Language Learning Technologies. 44 (1).
Published
2021-05-25
How to Cite
Nasution, D., Harahap, S., Siregar, S., & Hasibuan, A. (2021). PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK- ANAK SETINGKAT SEKOLAH DASAR DI DESA WISATA PAGARAN GALA- GALA, MANDAILING NATAL- SUMUT, DALAM MENGAHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) MELALUI METODE DRILLING DAN REPETITION. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 63-72. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i2.573
Section
Articles