PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA ONLINE UNTUK PROGRAM BDR BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN SDN 10 MATA AIR PADANG SELATAN
Abstract
Kuliah Kerja Nyata saatpandemi covid-19 seperti ini berbeda dengan KKN pada umumnya. KKN pada saatpandemi covid-19 bisa dilakukan secara kelompok langsung di lapangan dan bisa secara mandiri daring. Dengan adanya KKN di tengah pandemi covid-19 diharapkan Mahasiswa tetap memiliki urgensi pengabdian sehingga dapat mengembangkan kompetensi Mahasiswa dan interaksi dalam bersosial di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kuliah Kerja Nyata sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Populasi dan Sampel pada penelitian ini adalah kelompok 122 KKN IAIN Salatiga yakni 3 orang Mahasiswa serta 3 masyarakat. Metode pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Metode wawancara pada Penelitian ini digunakan bertujuan menggali informasi kepada masyarakat mengenai kebermanfaatan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di masa pandemi covid 19. Hasil pada Penelitian inimenunjukkan bahwa kegiatan KKN sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat pada masa pandemi masih tetap bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan peran Mahasiswa masih bisa dilakukan dengan rangkaian kegiatan inovatif serta tetap menjalankan protokol kesehatan.
References
[2] Riadi, M. (2014). Pengertian , Karaktiristik dan Manfaat E-. 4–6. SATRIO, A. (2011). Kendala Dan Penerapan E-Learning. Journal Information, 10, 1–16.
[3] Setiawan, P. (2020). Pengertian E-learning Pengertian E-learning Menurut Para Ahli Karakteristik E-learning Manfaat E-learning.
[4] Taufik.net. (2010). Kelebihan Dan Kekurangan. 1–7.