PENGEMBANGAN KEBUN SEKOLAH SEBAGAI SARANA EDUKASI LINGKUNGAN DAN KEWIRAUSAHAAN PERTANIAN DI SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM EKSTRA KURIKULER

  • Mersilina L. Patintingan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Simon Ruruk Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Sepriani Pare Universitas Kristen Indonesia Toraja
Keywords: Kebun Sekolah, Edukasi Lingkungan, Sekolah Dasar

Abstract

Kurangnya kesadaran lingkungan dan pengetahuan kewirausahaan dan di sekolah dasar menyulitkan pembentukan siswa yang mandiri secara finansial dan peduli terhadap lingkungan. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk membangun kebun sekolah sebagai sarana untuk mengajarkan siswa tentang lingkungan dan kewirausahaan pertanian melalui program ekstrakurikuler. Dengan menggunakan simulasi kewirausahaan, pelatihan langsung, dan pendekatan partisipatif, program ini bertujuan untuk memasukkan praktik berkebun ke dalam pembelajaran siswa. Siswa diberi instruksi tentang cara membuat pupuk organik, cara mengelola kebun, dan cara menjual hasil panen sederhana. Hasil menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan pengetahuan siswa tentang kewirausahaan, teknik bercocok tanam, dan daur ulang. Kegiatan ini juga mendorong kerja sama antara guru, siswa, dan orang tua untuk membuat lingkungan sekolah yang lebih ramah lingkungan dan produktif. Diharapkan program ini akan menjadi contoh keberlanjutan bagi sekolah lain.
erisi tentang isu dan fokus pengabdian, tujuan pengabdian, metode/pendekatan/strategi riset pengabdian, dan hasil pengabdian Masyarakat.

References

A., Kuntariningsi. 2018. “Analisis Dampak Program Kebun Sekolah Untuk Mengatasi Kekurangan Gizi Anak.” Jurnal Kesehatan Komunitas Volume 04: hal.26-32.
Junaidi, Dita Rahmaditiani, Evi Satispi, Aldira Lindawati, Dalila Afif, Ahmad Dahlan, Kec Cireundeu, Tim Ciputat, and Kota Tangerang Selatan. 2022. “Tata Kelola Sekolah Alam Kebun Tumbuh Menuju Sekolah Yang Berkualitas.” Jurnal Dikmas Arastamar Ngabang: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1: 45–54.
Mandala, Wintari, Novia Ambar, Eny Ivan, and Sri Indaryati. 2024. “Optimalisasi Lahan Pekarangan Sekolah Sebagai Kebun Gizi Dalam Upaya Peningkatan Konsumsi Sayur Bagi Siswa SD Negeri 3 Metro Pusat.” LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 1: 96–102.
Patintingan, Mersilina Luther, Hakpantria, and Gemil. 2023. “Pembinaan Mental Berbentuk Scaffolding Bagi Generasi Milenial.” JAMAS : Jurnal Abdi Masyarakat 1, no. 3: 218–22. https://doi.org/10.62085/jms.v1i3.46.
Proyek, Kebun, Projek Penguatan, and Profil Pelajar. 2024. “Melalui Program Kebun Proyek Di Sekolah Dasar” 5: 42–56.
Tulaktondok, Linerda, Mersilina Luther Patintingan, Detisa Paembonan, Elma Tri Palullungan, and Aling Parinding. 2024. “Membangun Budaya Literasi Lewat Komunitas Baca: Sebuah Inisiatif Pengabdian Masyarakat.” Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan 4, no. 2: 387–96. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i2.34491.
Patintingan, Mersilina L. Pembuatan Website sebagai media informasi dan pengenalan lembang bulian massa’bu. Indonesian Journal Of Community Service, 2022, 2.3: 318-322.
Patintingan, Mersilina, et al. "pemberdayaan tongkonan sebagai pangla padang” kelurahan buntu masakke kec. Sanggalla’kab. Tana toraja." Indonesian Journal Of Community Service 3.1 (2023): 1-4.
Published
2024-12-31
How to Cite
Patintingan, M. L., Ruruk, S., & Pare, S. (2024). PENGEMBANGAN KEBUN SEKOLAH SEBAGAI SARANA EDUKASI LINGKUNGAN DAN KEWIRAUSAHAAN PERTANIAN DI SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM EKSTRA KURIKULER. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1779-1786. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i3.3759