PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN KONTEN DIGITAL UNTUK PENINGKATAN PROMOSI PRODUK UMKM
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Walau demikian banyak yang masih menghadapi tantangan dalam promosi dan pemasaran produk secara digital. Di era digitalisasi saat ini, pemanfaatan media digital menjadi hal penting untuk peningkatkan daya saing produk UMKM. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM dalam membuat konten digital yang efektif guna meningkatkan promosi produk. Melalui metode pelatihan yang melibatkan teori dan praktik, peserta diajarkan dasar-dasar pembuatan konten digital, termasuk fotografi produk, pengeditan gambar, penulisan caption, serta strategi pemasaran melalui media sosial. Pendampingan yang berkelanjutan juga dilakukan untuk memastikan keterampilan yang diajarkan dapat diimplementasikan dengan baik. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM dalam menghasilkan konten digital berkualitas, yang diharapkan dapat meningkatkan visibilitas produk serta memperluas jangkauan pemasaran
References
[2] BPS Salatiga, 2024, Banyaknya Perusahaan Industri Kecil Menengah, Tenaga Kerja, dan Investasi per Kecamatan di Kota Salatiga, 2023, https://salatigakota.bps.go.id/id/statistics-table/1/ODQ3IzE=/banyaknya-perusahaan-industri-kecil-menengah--tenaga-kerja--dan-investasi-per-kecamatan-di-kota-salatiga--2023.html
[3] Dennatan, M. and Nawang Sari, A. A. S. M. A. 2023. Pemanfaatan Sosial Media Dalam Pemasaran Produk Kayu Hasil dari Usaha Kayu di Desa Pikat, BANTENESE : Jurnal Pengabdian Masysrakat, 5(1), pp. 48-54.
[4] Lesmana, I. 2022. Marketing Online Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Wedding Organizer Vip Project Pontianak), Proceeding Seminar Nasional Bisnis Seri VI, 2022
[5] Maulidasari, C. D. & Damrus, 2020. Dampak Pemasaran Online di Era Covid-19, Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, pp. 233-245, 2020.
[6] Nurani, Widhajati, E. 2019. Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung. BENEFIT , 6(1), 58-66.
[7] Raharja, M.A, Krismawintari, N., Dewi, P.C, 2019. Revitalisasi UKM Kerajinan Kayu Berbasis Teknologi di Desa Petulu Ubud Gianyar, Jurnal Bhakti Persada, volume 4, no.1.
[8] Uripi, C.R., Wijayanto, W., Astuti, D., 2023. Pengembangan Usaha dan Pemasaran Digital pada Rumah Kayu WOOD CRAFTS di Kabupaten Banyumas, Journal of Community Service, Volume 5, Issue 1, June 2023.