STRATEGI PROMOSI MELALUI INSTAGRAM PRODUK UMKM MINUMAN JUS BUAH REFREZZ

  • Rita Rita Binus University
  • Arbi Siti Rabiah Binus University
  • Mega Mega Binus University
  • Fernando Fernando Binus University
  • Andre Jeremia Binus University
Keywords: UMKM, Jus Buah, Promosi, Media Sosial, Instagram, Pemasaran Digital

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat Berdampak ini menemukan pokok masalah mitra adalah kurangnya promosi secara luas dan kreatif dari konten media sosial (Instagram) REFREZZ sebelumnya yang memiliki tipe konten monoton, sehingga promosi yang dilakukan kurang menarik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu UMKM Minuman Jus Buah REFREZZ dalam meningkatkan brand awareness dan menjangkau konsumen yang lebih luas dengan melakukan promosi yang kreatif agar semua kalangan dapat melihat konten yang disiapkan oleh REFREZZ sendiri, sehingga tertarik dengan produk yang ditawarkan. Metode pelatihan melalui pendampingan kepada pemilik UMKM secara offline dan online dengan membekali pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai cara mengelola dan mengoperasikan Instagram yang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnisnya. Hasil analisis dari kegiatan yang dilakukan pada akun platform Instagram UMKM REFREZZ secara keseluruhan mengalami kenaikan jumlah akun yang melihat dan tertarik pada konten-konten dari sebelumnya. Melalui PkM Berdampak ini minuman Jus Buah REFREZZ memiliki potensi untuk terus berkembang dan bersaing secara efektif di pasar yang semakin kompetitif dengan memanfaatkan kekuatan media sosial dalam pemasaran digital

References

[1] Belch, G. E., & Belch, M. A. (2021). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective (12th ed.). McGraw-Hill Education.
[2] Chaffey, D. (2019). How to Use Social Media Feedback to Improve Your Business. Smart Insights. Retrieved from https://www.smartinsights.com/social-media-marketing/
[3] Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2020). Digital marketing: Strategy, implementation, and practice (8th ed.). Pearson.
[4] Chaffey, D. (2021). How Small Businesses Use Social Media for Marketing. Smart Insights. Retrieved from https://www.smartinsights.com/social-media-marketing/
[5] Chaffey, D. (2022). Digital marketing: Strategy, implementation, and practice (8th ed.). Pearson.
[6] Dewi, M. K. (2021). “Penggunaan media sosial dalam pemasaran UMKM di era digital.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(2), 143-156.
[7] Direktorat Jenderal Perbendaharaan. (2023). Kontribusi UMKM dalam perekonomian Indonesia. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/document-lists/kontribusi-umkm
[8] Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). UMKM menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. https://www.ekon.go.id/siaran-pers/umkm-menjadi-pilar
[9] Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Wiley.
[10] Kurniawan, R. (2022). Penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran digital untuk UMKM. Jakarta: Penerbit Gramedia.
[11] Smith, J. (2020, Oktober 25). Using Instagram for Small Business Promotion. Diakses dari https://www.marketingexample.com/small-business-instagram.
[12] Solomon, M. R. (2020). Consumer behavior: Buying, having, and being (13th ed.). Pearson.
[13] Sukmawati, S., Yudiana, A., & Anwar, M. (2023). “The Impact of Social Media on Product Purchases: Utilizing Platforms for Brand Awareness and Consumer Engagement.” International Journal of Advances in Engineering and Management (IJAEM), 5(4), 1397-1411. DOI: 10.35629/5252-050413971411.
[14] Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2020). Social media marketing (4th ed.). Sage Publications.
Published
2024-11-06
How to Cite
Rita, R., Rabiah, A., Mega, M., Fernando, F., & Jeremia, A. (2024). STRATEGI PROMOSI MELALUI INSTAGRAM PRODUK UMKM MINUMAN JUS BUAH REFREZZ. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1517-1526. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i3.3631