PENERAPAN TEKNIK CHAIN DRILL-SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ASING DI SMP NUSANTARA INDAH SINTANG KALIMANTAN BARAT
Abstract
Tujuan utama dari program PKM ini adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran bahasa inggris sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris siswa SMP Nusantara Indah. Metode pelaksaan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu: melalui Sosialiasi, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Peserta program PKM ini adalah siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Nusantara Indah Sintang. Penerapan teknik Chain Drill-Simulation dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Nusantara Indah berhasil meningkatkan partisipasi dan kepercayaan diri siswa. Melalui penerapan Chain Drill-Simulation, siswa menjadi lebih aktif berinteraksi dalam kelas, seperti bertanya, menjawab, dan memberikan pendapat, serta mereka merasa lebih nyaman dalam belajar. Teknik ini juga memberi dampak positif terhadap kemampuan berbicara siswa, terutama dalam aspek kosakata, meskipun aspek pemahaman masih perlu ditingkatkan lagi melalui latihan rutin dan kontek yang berbeda-beda. Secara keseluruhan, Chain Drill-Simulation terbukti efektif untuk menciptakan suasana kelas yang interaktif dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Press; 2008.
[2] Danoff, V. S. Easy Ways to Reach and Teach English Language Learners. New York: Scholastic; 2008.
[3] Savignon, S. J. Interpreting Communicative Language Teaching: Contexts and Concerns in Teacher Education. London: Yale University Press; 2002.
[4] Luoma, S. Assessing Speaking. New York: Cambridge University Press; 2004.
[5] Davison, J., & Dowson, J. Learning to Teach English in the Secondary School: A companion to school experience (Second ed.). London: RoutledgeFalmer; 2003.
[6] Larsen, D., & Freeman. Techniques and Principles in Language Teaching (Second ed.). New York: Oxford University Press; 2000.
[7] Broughton, G., Brumfit, C., Flavell, R., Hill, P., & Pincas, A. Teaching English as a Foreign Language (Second ed.). London: Routledge; 1980.
[8] Harmer, J. How to Teach English. London: Pearson Education Limited; 2001.
[9] Pleuger, J. How to Teach Modern Language and Survive. Sydney: Multilingual Matters Ltd; 2001.
[10] Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. Models of Teaching (Eight ed.). New York: Perason Education Inc; 2011.
[11] Brown, H.Douglas. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Pearson Education Company; 2001.
[12] Vincenzi, D. A., Wise, J. A., Mouloua, M., & Hancock, P. A. (Eds.). Human Factors in Simulation and Training. London: CRC Press; 2009.
[13] Gibson, D., Aldrich, C., & Prensky, M. Games and Simulations in Online Learning: Research and Development Frameworks. New York: Information Science Publishing; 2007.
[14] Sheikh, A. E., Ajeedi, A. T. A., & Abu-Taieh, E. M. Simulation and Modeling: Current Technologies and Applications. New York: IGI Publishing; 2008.
[15] Klippel, F. Keep Talking. New York: Cambridge University Press; 1991.
[16] Landriscina, F. Simulation and Learning:A Model Centered Approach. London: Springer; 2013.
[17] Dokic, J., & Proust, J. (Eds.). Simulation and Knowledge of Action: Advances in Consciousness Research (Vol. 45). Amsterdam: Jonh Benjamins Publishing Company; 2002.
[18] Elisa, Henry., Marganingsih, Anna., Beding, Valentinus Ola., Sijono. & Aristo, TJV. Penggunaan Aplikasi Appsheet
Sebagai Media Presensi Online Selama Aktifitas Pembelajaran Daring. ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat. Vol. 2 No. 2 (2022) 157-162. 2022.
[19] Tuti, Sijono, & Elisa, Henry. The Use Of Ninja Apps Game To Enrich The Student's Wordstock. EJI (English Journal of Indragiri): Studies in Education, Literature, and Linguistics. Vol. 7. No. 1, January 2023 100-113. 2023.
[20] Elisa, Henry., Sijono., Bintang, Veronika Vika. & Viani, Maria. A Classroom Action Research: The Use Of Chain Drill-Simulation For Teaching Speaking. Jees: Journal Of English Education Study. Vol 6 Number 2. 237-243.
[21] Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (2nd ed.). New York: Longman.
[22] Harmer, J. (2007). How to Teach English (2nd ed.). Essex: Pearson Education Limited.
[23] Richards, J. C., & Renandya, W. A. (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.