PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENGEMBANGKAN USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM BORNEO MUSHROOM

  • Ahmad Rudini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
  • Muamar Muamar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
  • Bio Ertanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
  • Gibran Firdausy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
  • Ridho Sarwono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
  • Gadis Tira Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
Keywords: Pemasaran Digital, Promosi, Pendampingan UMKM, Jamur Tiram

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat mengadakan pendampingan usaha budidaya jamur tiram di Desa Bapeang merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Tujuan dari PKM ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) “Borneo Mushroom” di Desa Bapeang, Kotawaringin Timur dalam meningkatkan kapasitas usaha melalui pengembangan strategi digital, pembuatan media promosi dan pembuatan legalitas usaha berupa Nomor Induk Berusaha (NIB). Hasil yang dicapai dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam aspek pemasaran dan branding usaha, terutama melalui pemanfaat media sosial dan desain logo. Selain itu, dengan diperolehnya NIB, UMKM ini kini memiliki akses yang lebih baik ke berbagai peluang bisnis dan program pemerintah

References

[1] Afrilia, H., & Hastuti,E. T.K. 2024. Spectrum: Multidisciplinary Journal. Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Roti Kayu Manis Baked Goods Ciputat. 1 (1):33-39.
[2] Anam, dkk. 2019. Jast J. Apl. Sains Dan Teknol. Perencanaan Desain Logo R3-viora Sebagai Identitas Baru UKM Viora Collection, Tanggulangin, Sidoarjo. 3 (1):50-59.
[3] Budiarto, Fadia Nur Rahma, et al. 2022. Karya Unggul: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. 1 (2):116-124.
[4] Chakti, A. Gunawan. R (2019). Langkah Membangun Merek/Branding Bisnis (Makasar: Celebes Media Perkasa
[5] Gunelius, S. (2011). 30 Minute Social Media Marketing. New York: McGraw Hill. Kertajaya, Hermawan. 2020.Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Gramedia. Jakarta
[6] Musyawarah, I,Y., & Amanah, N. 2023. Akuntabel: Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. 20 (3):358-367.
[7] Noor, M. T., Saputra, M. M., Wardhana, M. R., Indriani, N., Ferintika, N. P., Qur’ani, N. S., & Syahputra, Y. (2024). PENDAMPINGAN UMKM UNTUK PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA TOKO SEMBAKO “NADIA” DI SAMPIT. Profit: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 115-121.
[8] Paramita, P. D & A. M. Surur. (2022). Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM Melalui Inovasi Social Media Marketingg pada Pelaku Usaha Keripik di Desa Domas. EJournal Al-Dzahab, 3(1), 21-31.
[9] Prasetyo, D., Mu’min, K., Azzahra, M. N. A., Ramadani, M., Aminah, N. F., Candra, R., ... & Noviani, S. (2024). PENDAMPINGAN UMKM UNTUK PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA KERIPIK TEMPE MBK MUS DI KOTA SAMPIT. Profit: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 163-168.
[10] Susanto, H., Riska, E., Dewi, M. A. S., Andalas, R., Hadi, F. I., Akli, M. Z., ... & Noor, R. (2024). PENERAPAN SISTEM INFORMASI BISNIS DALAM MENJALANKAN BISNIS USAHA KEDAI WEKHA PADA KEGIATAN BAZAR UMKM DI STIE SAMPIT. Profit: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 109-114.
[11] Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy. States
[12] Warman, D., & Saib, K. 2023. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review. Strategi Pemasaran Online Dalam Merebut Konsumen, Studi Kasus Pengusaha Ritel Tradisional Di Kota Pekanbaru. 14 (4):445-454.
[13] Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. 2020. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. 4 (2):137-148.
Published
2024-10-29
How to Cite
Rudini, A., Muamar, M., Ertanto, B., Firdausy, G., Sarwono, R., & Tira, G. (2024). PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENGEMBANGKAN USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM BORNEO MUSHROOM. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1407-1428. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i3.3618