PELATIHAN ASESMEN PERKEMBANGAN PADA GURU DALAM MENGIDENTIFIKASI KESIAPAN BERSEKOLAH DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MIMBAR
Abstract
TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Mimbar Makassar, merupakan salah satu sekolah yang lulus dalam program Sekolah Penggerak (PSP) jenjang PAUD yang saat ini telah melakukan penyesuaian kurikulum dengan penerapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam untuk memberikan keleluasaan kepada pendidik dalam menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pembelajaran projek dimana kegiatan dilakukan secara terstruktur diawali dengan analisis kebutuhan pelatihan melalui FGD, pelaksanaan pelatihan dan penyusunan laporan. Terdiri dari empat tahap, yaitu: Kegiatan pembelajaran langsung menggunakan metode ceramah, diskusi, role play; Mengembangkan keterampilan membuat form asesmen; Kegiatan praktik; dan Menyusun modul pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikannya kegiatan dimana nilai taraf signifikansi p = 0,009 < 0,05. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada guru dalam penguasaan materi pelatihan memahami kesiapan bersekolah peserta didik. Terdapat pula peningkatan pada keterampilan guru dalam menyusun modul asesmen dan melakukan praktik asesmen pada peserta didik sebelum dan sesuai diberikan pelatihan
References
[2] Annisa, T., Ramadhanti, S., Arianti, R., Hayuni, T., Maharani, T., Putri, R. A., & Oktamarina, L. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 di TK Pembina 5 Palembang. Significant: Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(02), 183-199.
[3] Buahana, B.N., Karta, I.W., Astawa, I.M.S., Amalina, A.D., & Sativa, F.E. (2023). Pelayanan Peningkatan Kemampuan Melaksanakan Asesmen dan Diagnosis Kesulitan Belajar pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(1), 143–152.
[4] Damayanti, E., Dewi, E.M.P.D., & Putri, R.N. (2022). Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar (Tinjauan Psikologi Perkembangan dan Pendidikan). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Khidmah, 2(1), 58-73.
[5] Fitri, R., Reza, M., & Ningrum, M.A. (2020). Instrumen Kesiapan Belajar; Asesmen Non Tes Untuk Mengukur Kesiapan Belajar Anak Usia Dini dalam Perspektif Neurosains. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini, 1(1), 17-32.
[6] Fatmawati, D.S. (2021). Studi Analisis Pelaksanaan Asesmen terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di KB X Pangandaran. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 109–117.
[7] Keputusan Mendikbudristek Nomor 371 Tahun 2021 tentang Program Sekolah Penggerak.
[8] Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini.
[9] Kemendikbudristek. (2022). Salinan keputusan kepala badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan, kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi nomor 008. Kemendikbudristek BSKAP RI, (021).
[10] Nurhanifah. (2019). Teknik dan Instrumen Penilaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 4-5 Tahun di TK Hang Tauh Kotabumi Lampung Utara. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Universitas Negeri Intan Lampung.
[11] Putri, R.N & Nur, S. (2022). Kesulitan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal J-BKPI, 2(1), 1-13.
[12] Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. (2023). Pendampingan sekolah penggerak jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Gresik sebagai upaya peningkatan mutu Kurikulum Operasional Sekolah (KOS). AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(12), 1676-1681.
[13] Rochayati, A. T. R., Rostini, D., Khalifaturrahmah, K., Maki, A., Bidin, B., & Sulaiman, S. (2023). Peran Pengawas PAI dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5081-5088.
[14] Sumanto, D., Utaminingsih, S., & Haryanti, A. (2020). Perkembangan peserta didik.
[15] Talango, S.R., & Pratiwi, W. (2018). Asesmen Perkembangan Anak (Studi Kasus Asesmen Perkembangan Anak Usia 2 Tahun). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 49-60.
[16] Wortham, S.C. (2013). Early Childhood Curriculum: Developmental Bases for Learning and Teaching. New Jersey: Pearson Education, Inc.