PENDAMPINGAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL PADA SD MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN SORONG SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN PADA PERSERIKATAN

  • Yusnita La Goa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Intan Java Turis Repmi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Dewi Sri Ayuningsih Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Fathonah Pangastuti Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: OSN, SD Muhammadiyah, Sorong

Abstract

Dunia pendidikan sedang dihadapkan pada tantangan besar, yaitu menyiapkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing. Bukan hanya sekolah, tetapi pemerintah dan lembaga pendidikan lainnya juga harus ikut terlibat untuk menjawab tantangan tersebut. Salah satu usaha nyata yang terus dilakukan dan ditingkatkan adalah pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) secara berjenjang mulai dari tingkat Sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional (Puspresnas, 2023). Permasalahan yang terjadi pada SD Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Sorong adalah tidak adanya persiapan sekolah untuk mengirim siswanya mengikuti OSN. Sehingga perlu dibuat klub Olimpiade untuk mewadahi SD Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Kondisi dilapangan sangat tidak kondusif dan diluar perkiraan tim pengabdian karena tidak adanya kompetisi OSN per rayon. Serta kondisi peserta didik yang masih harus ditingkatkan motivasinya. Dari kondisi diatas maka tim melakukan workshop dengan tujuan untuk menganalisis permasalahan yang ada di setiap SD Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Analisis SWOT ini berfungsi untuk mengetahui strategi apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kompetensi siswa SD Muhammadiyah Kabupaten Sorong. Dan hasil analisa SWOT diperoleh strategi yang paling mungkin adalah kolaborasi sesama sekolah SD Muhammadiyah Sorong dan juga akademisi di Kampus UNIMUDA Sorong. Pada Workshop tersebut juga guru dilatih untuk untuk menganalisa soal agar dapat mengetahui kemampuan siswanya sehingga dapat menentukan treatment apa yang bisa dilakukan untuk mencapai hasil yang baik.

References

Marhan Taifik dan Reni Dwi Susanti. (2023), ‘Pelatihan dan Pendampingan Olimpiade Matematika Berbasis Strategi Heuristik’, Jurnal Masyarakat Mandiri Vol.7 No. 1 Februari 2023 Hal 444-452
Ni Made Artiasih. (2022), ‘Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar’, Journal of Education Action Research Vol. 6 Nomor 3 pp 396-402
Özlen, M. K. and Özgün, M. (2013) ,‘Influencing Factors of Science Olympiad Students’ Success’, European Researcher, 51(5), pp. 1535–1548.
Puspresnas (2023), ’ Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMA/MA Tahun 2023. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Pranata, O. D. (2021a), ‘Kerja Sama Guru-Dosen untuk Menghadapi Tantangan Besar dalam Kompetisi Sains Cabang Kebumian’, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), pp. 315–321. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i3.1938.
Published
2024-10-28
How to Cite
Goa, Y. L., Repmi, I. J. T., Ayuningsih, D. S., & Pangastuti, F. (2024). PENDAMPINGAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL PADA SD MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN SORONG SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN PADA PERSERIKATAN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1401-1406. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i3.3611