Peningkatan Minat Siswa Berwirausaha Melalui Penggunaan Business Model Canvas Dalam Perencanaan Usaha
Abstract
Salah satu tujuan SMK Negeri 2 Padang adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program keahliannya. Menunjang tercapainya tujuannya ini mahasiswa selain dibekali dengan ilmu terapan juga dibekali dengan ilmu kewirausahaan. Namun minat kewirausahaan masih rendah karena masih terbatasnya pengetahuan siswa dalam menggali ide bisnis dan potensi yang ada didaerah. Program yang dilaksanakan pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk membangun jiwa kewirausahaan para siswa. Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan bagi siswa membuat perencanaan bisnis. Siswa di ajak mencari potensi daerah dan menggali ide-ide bisnis. Kegiatan ini dimulai dengan pelatihan tentang membuat rencana bisnis dengan menggunakan elemen-elemen Business Model Canvas (BMC). Kemudian, siswa melakukan praktek membuat ide dan rancangan bisnis dengan menggunakan kerangka BMC. Hasil dari kegiatan ini, siswa akan mampu menuangkan berbagai ide usaha yang sesuai dengan potensi daerahnya dan juga akan mampu dalam perencanaan bisnis dengan menggunakan kerangka BMC.
References
Athia, Ita, Ety Saraswati, and Andi Normaladewi. “Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang.” Jurnal Ketahanan Pangan 2, no. 1 (2018): 66–75. https://e-equalsmc3.com/alex-osterwalders-business-model-canvas/.
BPS. “Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2024,” 2024.
Chandra, Novrina, Amy Fontanella, Gustati Gustati, Yusnani Yusnani, and Endrawati Endrawati. “Pelatihan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Sawahlunto.” Jurnal Vokasi 8, no. 2 (2024): 239. https://doi.org/10.30811/vokasi.v8i2.4612.
Holdford, David A., Vasco M. Pontinha, and Tyler D. Wagner. “Using the Business Model Canvas to Guide Doctor of Pharmacy Students in Building Business Plans.” American Journal of Pharmaceutical Education 86, no. 3 (2022): 243–53. https://doi.org/10.5688/ajpe8719.
Osterwalder, Alexander, and Yves Pigneur. Business Model Generation. John Wiley & Son, Inc, 2010. http://www.amazon.com/Business-Model-Generation-Visionaries-Challengers/dp/0470876417.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI. “Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidiakn Dasar Dan Menengah,” 2006.
“Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah.” n.d.
Sudrajat, Jajat, Muhammad Ali Rahman, Glory A. Guzman, Michael Yoseph Ricky, and Agung Hari Sasongko. “Innovation of Entrepreneurship Learning with Business Model Canvas Game.” International Journal of Entrepreneurship 22, no. 3 (2018): 1–12.
Wiranti, Fiqih Hidayah Tunggal. “Penggunaan Business Model Canvas Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha.” Jurnal Al-Tatwir 8, no. 1 (2021): 39–54. https://doi.org/10.35719/altatwir.v8i1.33.