Penguatan Wisata Susur Mangrove Segara Guna Batu Lumbang melalui Digitalisasi Penyewaan Kano dan Pelatihan Digital Marketing

  • I Putu Susila Handika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Aulia Iefan Datya
  • Rahmadi Prasetijo
Keywords: Wisata Susur Mangrove, Penyewaan Kano dan Kapal Boat, Digital Marketing

Abstract

Permasalahan utama dalam wisata susur mangrove adalah sistem pemesanan kano dan kapal yang masih manual dan kurangnya strategi pemasaran digital. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi wisatawan dan penurunan potensi kunjungan. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi sistem pemesanan dan meningkatkan promosi wisata melalui pelatihan digital marketing. Metode yang digunakan meliputi implementasi aplikasi penyewaan berbasis teknologi informasi dan pelatihan strategi pemasaran digital kepada pengelola. Aplikasi ini memungkinkan wisatawan untuk memesan secara online dengan lebih mudah, sementara pelatihan digital marketing membantu pengelola dalam menjangkau audiens yang lebih luas melalui platform digital. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan efisiensi pemesanan dan pelatihan digital marketing berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap wisata susur mangrove, yang tercermin dari peningkatan jumlah pemesanan dan kunjungan wisatawan

References

Kadek Erma Anggara Wati, Ni, I Wayan Mertha, Hanugerah Kristiono Liestiandre, dan Politeknik Pariwisata Bali. 2024. “The Influence of Instagram Social Media Promotion on Domestic Tourists’ Decision to Visit Pandawa Beach Tourist Attraction.” Journal of Comprehensive Science (JCS) 3, no. 9 (September): 4353–60. https://doi.org/10.59188/JCS.V3I9.971.
Nurazizah, Erina Oktariana, Ermatita Ermatita, dan Ria Astriratma. 2021. “Analisis Pengukuran Usability Menggunakan Metode Use Questionnaire Pada Aplikasi Shopee Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya 2, no. 2: 688–97. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/1629.
Oka, I. Made Darma, dan I. Nengah Subadra. 2024. “Digital marketing for sustainable tourism village in Bali: A mixed methods study.” Journal of Infrastructure, Policy and Development 8, no. 7 (Juli): 3726. https://doi.org/10.24294/JIPD.V8I7.3726.
Putra, I Gede Yoga Pratama, Aulia Iefan Datya, dan Agus Tommy Adi Prawira. 2023. “Sistem Informasi Booking Tour Package pada Bumdes Munggu Berbasis Web.” Jurnal Kesehatan, Sains, Dan Teknologi (Jakasakti) 2, no. 3 (Desember). https://doi.org/10.36002/JS.V2I3.2694.
Syam, Agus, Fenly Crosby Cloria Dajo, Muhammad Jufri, Nur Halim, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 2024. “Implementation of Digital Marketing through Social Media to Increase The Number of Visits at Ujung Suso Beach Tourism, East Luwu District.” Journal of Applied Business, Taxation and Economics Research 3, no. 5 (Juni): 581–88. https://doi.org/10.54408/JABTER.V3I5.331.
Published
2024-10-23
How to Cite
Handika, I. P., Datya, A., & Prasetijo, R. (2024). Penguatan Wisata Susur Mangrove Segara Guna Batu Lumbang melalui Digitalisasi Penyewaan Kano dan Pelatihan Digital Marketing. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1321-1330. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i3.3602