Pelatihan Optimalisasi Tools Microsoft Word dan Integrasi Reference Manager Untuk Penyelesaian Tugas Akhir Bagi Mahasiswa Jurusan P. MIPA FKIP UNILA
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengunaan tools microsoft word dan integrasi reference manager (mendeley, zotero, dan publish or perish) untuk membantu mahasiswa jurusan P. MIPA dalam menyelesaiakn tugas akhir sekripsi secara efektif. Peserta pelatihan ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Lampung sebanyak 28. Metode pelatihan yang digunakan meliputi presentasi, praktik langsung, diskusi, serta evaluasi berupa pre-test dan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan mahasiswa mengenai pengunaan tools microsoft word dan integrasi reference manager. Hal ini tampak pada peningkatan skor rata-rata test. Skor rata-rata pre-test yaitu 52.5 sedangkan skor rata-rata post-test yaitu 82.5 dengan nilai N-gain sebesar 0.63. Mahasiswa memberikan tanggapan positif terkait penggunaan reference manager untuk menyusun daftar pustaka dan fitur-fitur canggih Microsoft Word untuk memformat dokumen tugas akhir. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan pelaksanaan pelatihan serupa dengan materi yang lebih komprehensif di masa mendatang.
References
Ansar CS, & Abd Rahman Yus. (2023). Optimalisasi Software Mendeley dalam Peningkatan Kualitas artikel ilmiah bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Cenderawasih. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 126–138. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1225
Bennett, S., Maton, K., & Kervin, L. (2016). The ‘Digital Natives’ Debate in Higher Education: A Case Study of the University of Wollongong. Journal of Educational Technology & Society, 14(3), 5-13.
Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74. https://doi.org/10.1080/0969595980050102
Cahnia, Z. A. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 12(1), 48–54. https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.26471
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.
Elbow, P. (1998). Writing with power: Techniques for mastering the writing process. Oxford University Press.
Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher Technology Change: How Knowledge, Confidence, Beliefs, and Culture Intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255-284. https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782551
Guskey, T. R. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Available at: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/analysis/hake.pdf
Harris, R. (2001). The plagiarism handbook: Strategies for preventing, detecting, and dealing with plagiarism. Pyrczak Publishing.
Hartini, Suhendra, N., Ningsih, L., Hasni, J., Aglis Andhita Hatmawan, P. A., Tanjung, I. I., Shifa, M., & Yuliana, D. (2024). Optimalisasi pemanfaatan aplikasi mendeley untuk penulisan sitasi karya tulis ilmiah mahasiswa di kota meulaboh. 2, 1–8.
Hwang, G. J., & Chang, C. Y. (2011). A formative assessment strategy for improving the effectiveness of mobile learning. Computers & Education, 57(1), 212-220. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.11.002
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Psychologist, 44(2), 81-92. https://doi.org/10.1080/0046152090282928
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Pearson.
McMillan, J. H. (2016). Fundamentals of educational research. Pearson.
Munger, M. (2019). Ten tips on how to write less badly. The Chronicle of Higher Education.
Murray, R. (2013). Writing for academic journals. Open University Press.
Paltridge, B., & Starfield, S. (2012). Thesis and dissertation writing in a second language: A handbook for supervisors. Routledge.
Purnamasari, E. (2023). Optimalisasi Penggunaan Microsoft Word pada SMA Muhammadiyah 1 Palembang. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 7(2), 139–146. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2023.v7i2.2338
Purwantoro, Rohmah, R. A., & Afrizal, A. (2022). Tepak Sirih : Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Tepak Sirih. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(1), 60–64.
Schön, D. A. (1987). Educating the Reflective Practitioner. San Francisco: Jossey-Bass.
Silva, P., Lopes, B., Costa, M., Seabra, D., Melo, A. I., & Dias, G. (2016). Writing academic papers and managing citations. Journal of Information Literacy.
Strunk, W., & White, E. B. (2000). The elements of style. Longman.
Swales, J. M., & Feak, C. B. (2004). Academic writing for graduate students: Essential tasks and skills. University of Michigan Press.
Zachariah, M. (2013). Enhancing academic writing skills through Microsoft Word. Journal of Applied Computing.