PENGUATAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL MELALUI PELATIHAN FARDU KIFAYAH: STRATEGI PENDIDIKAN KOMUNAL DI SMAIT NURUL 'ILMI TENGGARONG

  • Maryam Maryam Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Akhmad Riadi Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Taufikur Rohman Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Ahmad Arifin Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Laily Nida Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
Keywords: Fardhu Kifayah, Pelatihan, Tanggung Jawab Sosial

Abstract

Minimnya pengetahuan tentang Fardu Kifayah, khususnya tata cara pengurusan jenazah, menjadi isu utama dalam pengabdian ini. Program ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran sosial siswa melalui pelatihan berbasis partisipatoris. Metode yang digunakan meliputi ceramah, praktek, dan sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman teoritis dan praktis yang mendalam. Evaluasi dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan dengan kuesioner untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan siswa dalam melaksanakan Fardu Kifayah, serta munculnya pemimpin lokal di kalangan siswa yang membantu memimpin praktek. Program ini berhasil memperkuat kesadaran dan tanggung jawab sosial siswa, menciptakan perubahan perilaku yang mendukung kohesi sosial di lingkungan sekolah dan komunitas mereka.

References

Ahmad, S. (2021). Totem, Ritual dan Kesadaran Kolektif: Kajian Teoritik Terhadap Pemikiran Keagamaan Emile Durkheim. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 2(2), 153–161.
Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Prenada Media.
Darlan, S. (2023). Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah bagi Anggota Rukun Kematian Al Amanah Palangka Raya. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(2), 246–252.
Jazuli, M., & Nasution, A. Y. (2020). pelatihan pemulasaraan jenazah bagi siswa/i mts Insan madani desa tegallega kecamatan cigudeg Kabupaten Bogor. JPKM-Aphelion (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-Aphelion), 1(01).
Muhtar, T., Suherman, A., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2018). Internalisasi Nilai Kesalehan Sosial. UPI Sumedang Press.
Najirah, C. (2021). Implementasi Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di SMP Negeri 35 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Nuddin, M. (2021). Pendidikan Islam berbasis multikultural: Analisis konsep dalihan na tolu masyarakat Batak Angkola-Mandailing. IAIN Padangsidimpuan.
Tabun, Y. F., Ariningsih, K. A., Jalal, N. M., Hau, R. R. H., Suprapmanto, J., Meisarah, F., Nuruddaroini, M. A. S., Renaldi, R., Sesrita, A., & Julyanti, E. (2022). Teori Pembelajaran. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu (studi di SD EMIISe, Pasar Rebo, Jakarta Timur). Jurnal Pendidikan Islam, 5.
Yunita, N., & Valentine, F. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Serta Hikmah Pengurusan Jenazah. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 289–308
Published
2024-09-05
How to Cite
Maryam, M., Riadi, A., Rohman, T., Arifin, A., & Nida, L. (2024). PENGUATAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL MELALUI PELATIHAN FARDU KIFAYAH: STRATEGI PENDIDIKAN KOMUNAL DI SMAIT NURUL ’ILMI TENGGARONG. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1003-1012. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i3.3515