PENDEKATAN INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN SAINS: PROYEK PEMBUATAN ES KRIM DI TK PEMBINA KAB. LUMAJANG

  • Bakhrul Rizky Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Cahyani Intan Ramadani Universitas Negeri Malang
  • Eny Latifah Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Dian Ilham Akbar Universitas Negeri Malang
  • Mimin Nurul Kholifah Universitas Negeri Malang
  • Nurul Khoiriyah TK Negeri Pembina Kab. Lumajang
  • Robi Kurniawan Universitas Negeri Malang
Keywords: Pembelajaran Interaktif, Edukasi Sains, Anak Usia Dini, Pembuatan Es Krim

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan sains kepada anak usia dini di TK Pembina Kabupaten Lumajang melalui aktivitas pembuatan es krim. Metode pembelajaran berbasis bermain sambil belajar digunakan untuk meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap konsep-konsep sains dasar. Selama kegiatan, anak-anak melakukan aktivitas pembuatan es krim dengan bantuan Google Sites sebagai media pembelajaran interaktif. Kegiatan ini melibatkan 219 anak dan mendapat dukungan dari pengawas TK serta wali murid, menunjukkan sinergi antara sekolah dan masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak sangat antusias dan aktif, dengan banyak dari mereka menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi. Evaluasi bersama guru mengungkapkan bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat edukatif bagi anak-anak tetapi juga membuka wawasan baru bagi guru tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Saran untuk memanfaatkan buah lokal seperti pisang agung dalam pembuatan es krim juga diidentifikasi sebagai peluang untuk mengintegrasikan kearifan lokal dalam pendidikan sains. Secara keseluruhan, kegiatan ini menunjukkan bahwa dukungan dari berbagai pemangku kepentingan sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung perkembangan kognitif serta sosial-emosional anak-anak

References

[1] S. Fatmala, Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. PROCEEDING UMSURABAYA, 1 (2022).
[2] W. Pratiwi, Konsep bermain pada anak usia dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2017) 106–117.
[3] N. Aryani, Konsep pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1 (2015) 213–227.
[4] A. Kamila & R. Hidayaturrochman, Peran guru dalam mengembangkan psikomotorik anak usia dini melalui media pembelajaran outing class. PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, 1 (2022) 1–13.
[5] D. Y. Ray & C. Choiriyah, Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini dalam Bermain Jarimatika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (2021) 6092–6102.
[6] M. Afandi, Strategi Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (Penerbit Nem, 2021).
[7] Y. Nurdiani, Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Study Kasus Di PAUD Daarul Piqri Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan). EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 2 (2013) 85–93.
[8] F. Panda & D. Koirewoa, Peningkatan Kemampuan Melakukan Praktikum IPA (Sains) Pada Guru SD Melalui Percobaan Sederhana. Jurnal Pengabdian Papua, (2017) 59–62.
[9] V. U. R. Sila, H. Manlea, & S. M. Kolo, Pengenalan Permainan Sains Bagi Siswa SDK Tes Kecamatan Bikomi Utara, Timor Tengah Utara. Bakti Cendana, 1 (2018) 11–18.
[10] W. Widyawati, Pengenalan Science Experiment Pembuatan Ice Cream Kepada Anak Usia Dini Di Kabupaten Serang Banten. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3 (2021) 149–158.
[11] M. Ulfah, DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? (Edu Publisher, 2020).
[12] A. Rosdiana, Partisipasi orangtua terhadap pendidikan anak usia dini: survei pada kelompok bermain di Kota Yogyakarta. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 1 (2006) 62–72.
[13] S. NURBAITI, PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS WEB GOOGLE SITES TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII SMP, PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2024.
[14] M. MEISELI, PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN GOOGLE SITES PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 19BANDAR LAMPUNG, PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2024.
[15] N. L. Nisfa & F. K. A. Putri, Pembelajaran sains inquiry pada anak usia dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (2022) 29–42.
Published
2024-09-04
How to Cite
Kurniawan, B., Ramadani, C., Latifah, E., Akbar, M., Kholifah, M., Khoiriyah, N., & Kurniawan, R. (2024). PENDEKATAN INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN SAINS: PROYEK PEMBUATAN ES KRIM DI TK PEMBINA KAB. LUMAJANG. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 883-890. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i3.3510