PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI SDN 10 PEMECUTAN

  • Ni Wayan Eminda Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Pelatihan, Media Bahasa Indonesia, Etnopedagogi

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan mendampingi guru dalam pembuatan media pembelajaran berbasis etnopedagogi sesuai materi ajar dan karakteristik siswa. Tahapan pelaksanaan pengabdian meliputi penyampaian tujuan, penyajian materi tentang media pembelajaran sebagai contoh nyata, pelatihan pembuatan media berbasis etnopedagogi, dan membuat kesimpulan. Pengabdian masyarakat ini merupakan suatu sumbangsih kecil diharapkan memberikan dampak bagi peningkatan kompetansi pedagogik guru SD N 10 Pemecutan dalam menayampaikan materi pembelajaran melalui media pembelajaran berbasis etnopedagogi Serta ikut serta melestarikan budaya luhur bangsa. Diharapkan guru SD N 10 Pemecutan dapat memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh sehingga pengabdian ini memberikan dampak lebih luas. Pelaksanaan kegiatan ini telah terealisasi 100%. Kegitan pengabdian ini dapat menjadi reverensi kegiatan pengabdian selanjutnya dengan cakupan subjek yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini berkontribusi (1) memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal melalui media pembelajaran; (2) memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar lebih konkrit

References

[1] F Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran buku popup
[2] wayang tokoh Pandhawa pada mata pelajaran bahasa jawa kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1–16.
[3] Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21:
[4] Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar.
[5] Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 25–35.
[6] Kurniawati, Y. (2020). Penggunaan Metode Picture And Picture untuk
[7] Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengenal Bangun Datar pada Siswa
[8] Kelas I SD Negeri 2 Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri
[9] Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 1(2), 215–224.
[10] Laksana, D. N. L., Kurniawan, P. A. W., & Niftalia, I. (2018). Pengembangan
[11] bahan ajar tematik SD kelas IV berbasis kearifan lokal masyarakat Ngada.
[12] Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1–10.
[13] Madjid, J. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan
[14] Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 06 Popayato Barat. Aksara: Jurnal
[15] Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 885–894.
[16] Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media
[17] Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh
[18] (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM
[19] UMJ, 1(1).
[20] Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif
[21] Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak
[22] Usia Dini, 6(1), 505–512.
Published
2024-09-04
How to Cite
Sari, N., & Susrawan, I. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI SDN 10 PEMECUTAN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 871-878. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i3.3508