KUNJUNGAN INDUSTRI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN UNTUK MEMPERTAJAM SOFT SKILLS BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA

  • Retno Kurnianingsih Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Eko Giyartiningrum Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Dian Retnaningdiah Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Paiman Paiman Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: Kunjungan Industi, Mata Kuliah Kewirausahaan, Soft Skills

Abstract

Mata kuliah Kewirausahaan memiliki peran krusial dalam membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Namun, pembelajaran yang berfokus pada teori seringkali kurang memadai dalam mengembangkan soft skills yang esensial, seperti komunikasi, kepemimpinan, kerjasama, dan problem-solving. Untuk mengatasi kelemahan ini, kunjungan industri telah diimplementasikan sebagai strategi pendidikan untuk memperdalam pemahaman praktis mahasiswa mengenai kewirausahaan. Kunjungan industri ini bertujuan untuk memperkaya soft skills mahasiswa melalui observasi langsung dan interaksi dengan praktisi di lapangan. Hasil dari kunjungan industri menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap aplikasi nyata soft skills dalam bisnis, serta peningkatan motivasi dan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan kewirausahaan. Selain itu, kunjungan ini juga membuka peluang kemitraan bisnis, yang diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dalam mengembangkan usaha mereka di masa depan. Kunjungan industri ini terbukti efektif sebagai instrumen pembelajaran yang tidak hanya menambah pengetahuan teknis, tetapi juga membangun karakter dan sikap profesional mahasiswa, menjadikannya lebih siap dalam menghadapi persaingan di dunia kerja yang semakin ketat

References

[1] Abdul Manap. 2020. Manajemen Kewirausahaan (Era Digital). Penerbit Mitra Wacana Media.
[2] Alma, B. 2004. Kewirausahaan. Bandung: CV. Alfabeta.
[3] Jones, A. & Brown, B. (2020). Bridging the gap between theory and practice: A case study of industry visits in engineering education. International Journal of Engineering Education, 32(1), 123-135.
[4] Budi Rustandi Kartawinata et al. 2022. Kewirausahaan Dan Bisnis. CV. Intelektual Manifes Media.
[5] Suryana. (2003a). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat
[6] Wahyuni, Endang. 2008. Upaya menumbuh kembangkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Jurnal AKMENIKA UPY, Volume 2.
[7] Smith, J. (2018). The impact of industry visits on student engagement and learning outcomes. Journal of Higher Education, 90(3), 456-478.
[8] Wiratama, A. (2018). Pengaruh kunjungan industri terhadap pengembangan soft skills mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 123-135.
Published
2024-08-20
How to Cite
Kurnianingsih, R., Giyartiningrum, E., Retnaningdiah, D., & Paiman, P. (2024). KUNJUNGAN INDUSTRI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN UNTUK MEMPERTAJAM SOFT SKILLS BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 823-830. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i2.3501
Section
Articles